Senin 30 Sep 2013 15:38 WIB

Indosat-Pos Indonesia Kerja Sama Jaringan

Rep: Indah Wulandari/ Red: Djibril Muhammad
Logo PT Pos Indonesia
Logo PT Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Indosat Tbk dan PT Pos Indonesia (Persero) sepakat bekerja sama untuk pemanfaatan infrastruktur dan penyediaan layanan telekomunikasi bersama untuk masyarakat.

Penandatanganan MoU dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Bhakti Postel di Bandung, oleh President Director & CEO Indosat Alexander Rusli dan Direktur Utama Pos Indonesia Budi Setiawan.

Bentuk kerja sama saling menguntungkan antara kedua belah pihak antara lain meliputi pengembangan branding bersama (co-branding), penjualan Starter Pack, kerjasa ma pengembangan Postal Mobile Financial Services, pengembangan agen Dompetku, serta pemanfaatan masing-masing infrastruktur dalam memberikan layanan yang lebih luas kepada masyarakat.

 

Khusus kerja sama tentang pengembangan Postal Mobile Financial Services, meliputi tiga bentuk kerja sama yaitu distribusi dan penggunaan Stater Pack untuk pelanggan Pos Indonesia, pengembangan Value Added Service (VAS) dan e-commerce bersama, serta kerja sama agen pembayaran tagihan (pospay).

Kerja sama juga akan diperluas dalam berbagai bentuk lain yang dapat dikembangkan di kemudian hari.

"Kerja sama strategis ini bertujuan untuk semakin meningkatkan layanan dan semakin memperluas channel transaksi pembayaran baik yang dimiliki Indosat dan yang dimiliki oleh Pos Indonesia. Kami berharap kerja sama ini akan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan dan menikmati layanan baik dari Indosat maupun dari Pos Indonesia," kata President Director & CEO Indosat Alexander Rusli menerangkan.

 

Direktur Utama Pos Indonesia Budi Setiawan sepakat kerja sama ini dapat meningkatkan kelengkapan layanan-layanan di Kantor Pos sehingga masyarakat khususnya para pelanggan pos dapat melakukan one stop payment di Kantor Pos.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kualitas jaringan diseluruh Kantor Pos karena akan didukung perangkat telekomunikasi Indosat.

                           

Dalam kerja sama ini Indosat akan dapat memanfaatkan infrastruktur Pos Indonesia khususnya untuk layanan pengiriman barang dan pemanfaatan lahan untuk perangkat telekomunikasi.

Sebaliknya, Pos Indonesia dapat memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi Indosat untuk layanan back up link, layanan Closed User Group, penggunaan Paket Data GPRS serta layanan Cloud Computing Indosat.

 

Indosat merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi seluler terintegrasi dan terkemuka di Indonesia.

Hingga semester I/ 2013, Indosat telah melayani lebih dari 56 juta pelanggan di seluruh Indonesia dengan berbagai layanan seluler, telekomunikasi tetap dan MIDI (multimedia, data dan internet) dan didukung infrastruktur telekomunikasi terkini.

Terakhir, Indosat baru saja meresmikan Jaringan UMTS 900MHz di Bali untuk memenuhi kebutuhan akses internet yang lebih cepat bagi masyarakat Indonesia, yang dapat dinikmati pelanggan melalui layanan IM3 Super Internet.

Sedangkan Pos Indonesia mempunyai jaringan yang sangat luas dengan kurang lebih 3.800 Kantor Pos di Indonesia, dan 3.726 di antaranya telah Online.

Sedangkan jumlah titik layanannya (Point of Sales) mencapai 24.410 titik dalam bentuk Kantorpos sendiri, Agensi/agenpos, Pos Keliling Kota/ Desa, Pos Sekolah dan Postmall.

Dengan jaringan yang sangat luas ini, Kantor Pos merupakan media yang sangat strategis menjual dan atau mendistribusikan barang atau jasa.

Hingga saat ini pun Pos Indonesia telah mempunyai 53 PostShop yang tersebar di Indonesia yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari di tempat yang mudah dijangkau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement