Senin 19 Aug 2013 17:16 WIB

Kementan Kirim Tim Seleksi Sapi Betina Impor ke Australia

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Heri Ruslan
Sapi Australia
Foto: quikturt.com
Sapi Australia

REPUBLIKA.CO.ID,Jakarta --- Kementerian Pertanian (Kementan) tengah bersiap menjalankan rencana impor sapi betina produktif.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan pihaknya akan mengirimkan tim permanen guna memastikan produktivitas sapi.

"Sebelumnya saya percaya saja dengan kiriman sapi Aussie sebelumnya, nah ini kita akan pasang tim permanen di sana untuk seleksi," ujar Mentan, Senin (19/8).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, sapi impor dari Aussie rata-rata hanya melahirkan sekali. Padahal Kementan berharap sapi impor tersebut bisa melahirkan sampai dengan enam kali. Jumlah sapi yang dibutuhkan Kementan untuk budidaya mencapai satu juta ekor.

Mentan mengakui dibutuhkan persiapan yang matang terkait rencana ini. Ia berharap pihak Australia berniat baik untuk hanya memberikan sapi yang bagus untuk negara Indonesia.

Selain dari Aussie, Mentan juga menilai sapi betina produktif milik Brasil juga bagus. Namun karena satu dan lain hal, Indonesia belum bisa mengajukan impor sapi betina dari Brasil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement