Ahad 24 Feb 2013 19:13 WIB

BNI Siapkan Industrial Estate untuk Investor Jepang

Rep: Friska Yolandha/ Red: M Irwan Ariefyanto
An industrial complex in Karawang, West Java (file photo)
Foto: Antara/Wahyu Putro A
An industrial complex in Karawang, West Java (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID,OSAKA -- PT Bank Negara Indonesia Tbk siapkan kawasan industri khusus di Karawang, Jawa Barat, untuk pebisnis Jepang yang ingin merelokasi usahanya ke Indonesia. Lahan yang disiapkan seluas 1.000 hektar.

Industrial Estate yang disiapkan BNI ini memiliki berbagai kemudahan yang dapat dimanfaatkan oleh investor asal Jepang. Kawasan ini akan terintegrasi dengan berbagai fasilitas penunjang, mulai akses ke pelabuhan laut, akses jalan menuju lokasi, dan ketersediaan tenaga kerja.

Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo mengatakan potensi investasi dan penciptaan kerja dari investor Jepang ini cukup menjanjikan karena setidaknya ada 1.000 nasabah bank regional Jepang yang sangat berminat merelokasi bisnis mereka ke Indonesia. "Atas dasar itu, BNI telah menyiapkan sebuah unit khusus, yaitu disebut Japan Desk, yang dapat melayani niat relokasi bisnis mereka sekaligus membantu pengurusan perizinan investasinya di Indonesia," ujar Gatot, Ahad (24/2).

Model pengembangan bisnis yang diterapkan Japan Desk ini akan kami gunakan juga untuk wilayah lain, termasuk di Timur Tengah. BNI berharap mendapatkan dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), untuk menyediakan pusat layanan terpadu untuk menampung proposal investasi dari pengusaha-pengusaha Jepang ini.

Japan Desk ini, BNI melaju cepat dalam meningkatkan hubungan bisnisnya di Jepang, sehingga hingga saat ini sudah ada 46 JRB yang telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan BNI, disamping kerja sama dengan JBIC (Japan Bank for International Corporation).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement