Kamis 16 Dec 2010 06:28 WIB

Penggunaan Produksi Dalam Negeri Bisa Ditingkatkan

Rep: shally pristine/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Penggunaan produksi dalam negeri berpotensi untuk ditingkatkan lewat industri.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, potensi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dapat didorong lewat rencana belanja barang dan jasa pemerintah. Dia mengatakan rencana belanja barang dan jasa pemerintah termasuk badan usaha milik daerah dan negara (BUMN/BUMD) adalah peluang yang bisa dimanfaatkan sektor industri.

"Ada peluang bagi industri pada setiap sektor untuk mendorong P3DN berdasar rencana belanja 2011- 2014," katanya di acara forum komunikasi dunia usaha Jawa Timur dengan Kementerian Perindustrian, Rabu (15/12).

Hidayat mengatakan, pemerintah sudah mendorong kebijakan P3DN melalui penetapan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2/2009 dan Peraturan Presiden nomor 54/2010 tentang pengadaan barang dan jasa. Pemerintah dengan cara memberikan preferensi harga bagi produk dalam negeri yang telah mencapai tingkat komponen dalam negeri tertentu.

Hidayat mengatakan, peningkatan penggunaan produksi dalam negeri, akan mengoptimalkan potensi pasar di dalam negeri. Potensi ini dapat dimanfaatkan mengingat pelaksanaan P3DN belum optimal. "Selama ini, realisasi pembelian pengadaan alat kesehatan dari dalam negeri baru 10 persen dari anggaran yang disediakan," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement