Sabtu 27 Nov 2010 04:01 WIB

Tender 24 Blok Migas Dibuka

Ladang migas
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Ladang migas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah mengumumkan penawaran 24 blok minyak dan gas bumi (migas) dalam tender tahap kedua 2010. Pengumuman seperti dikutip dari laman www.migas.esdm.go.id di Jakarta, Jumat, dilakukan Direktur Hulu Migas Kementerian ESDM Edy Hermantoro saat pertemuan tahunan Ikatan Ahli Geologi Indonesia di Lombok, Selasa (23/11).

Ke-24 blok migas itu terdiri dari 17 blok migas yang ditawarkan melalui tender reguler dan tujuh lainnya dengan penawaran langsung. "Kami undang investor ikut dalam penawaran ini," kata Edy.

Sebanyak 17 blok tender regular adalah East Asahan, North Kuantan, East Jabung, South West Sumatra I, South West Sumatra II, North Merak, West Kangean, dan East Bangkanai. Selanjutnya, Blok West Sebuku, SE Mandar, Gorontalo Tomini, Tomini Bay I, Tomini Bay II, Tomini Bay III, SW Bird's Head, Arguni I dan Arguni II.

Sementara lima blok penawaran langsung adalah Gurita, Sembilang, Marquisa, South Betung, Sumbagsel, Damar, dan Arafura Sea II.

Jadwal tender reguler adalah pengambilan dokumen 10 Desember 2010-22 April 2011, forum klarifikasi 13 Desember 2010-20 April 2011, dan pemasukan dokumen 25 April 2011. Sedangkan jadwal penawaran langsung adalah pengambilan dokumen 10 Desember 2010-7 Februari 2011, forum klarifikasi 13 Desember 2010-4 Februari 2011, dan pemasukan dokumen 9 Februari 2011.

Dalam lelang blok putaran pertama 2010, pemerintah menawarkan 18 blok yang terdiri dari 12 melalui tender reguler dan enam lainnya penawaran langsung.

Ke-12 blok melalui tender reguler adalah Sokang di lepas pantai timur Natuna, Singkil di lepas pantai Sibolga, Sumut, Nias di lepas pantai Sibolga, Sunda Strait II di lepas pantai selatan Jawa, Sunda Strait III di lepas pantai selatan Jawa, dan Sunda Strait IV di lepas pantai Bengkulu.

Selain itu, Blok South Kangean I di lepas pantai utara Jawa Timur, South Kangean II di lepas pantai utara Jawa Timur, South West Makassar di lepas pantai Sulawesi Selatan, Wokam I di lepas pantai Bintuni-Palung Aru, Papua, Wokam II di lepas pantai, Palung Aru, dan Digul di lepas pantai Akimeugah, Papua.

Sedangkan enam blok penawaran langsung adalah North Sokang yang berlokasi di lepas pantai timur Natuna, Kepulauan Riau, North West Natuna di lepas pantai timur Natuna, Kepulauan Riau, dan Titan di lepas pantai timur laut Pati, Jawa Tengah. Selanjutnya, Blok Bone di lepas pantai Bone, Sulawesi Selatan, Onin di lepas pantai Bintuni-Misool, Papua, dan North Arafura di daratan dan lepas pantai Akimeugah, Papua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement