Selasa 15 Jun 2010 02:29 WIB

Menteri ESDM: Listrik Gratis Hanya Wacana PLN

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Budi Raharjo
Menteri ESDM Darwin Z Saleh
Menteri ESDM Darwin Z Saleh

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedy Saleh, menyatakan wacana listrik gratis yang dilontarkan Dirut PLN, Dahaln Iskan, merupakan bentuk perhatian PLN terhadap masyarakat miskin. Namun, katanya, posisi pemerintah tentang listrik sudah jelas.

''Poin Pak Dahlan, itu adalah kita perhatikan masyarakat yang miskin, yakni tidak ada listrik yang mereka bayar, ini perlu perjuangan bersama dan kecenderungan pemerintah sudah jelas,'' kata Darwin di gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (14/6).

Menurut Darwin, listrik gratis merupakan ide dari Dahlan Iskan. Diakuinya, selama ini banyak ide yang diserap dari Dahlan.''Tapi mari perhatikan masyarakat yang belum teraliri listrik, jumlahnya banyak mencapai 18,9 juta sehingga tidak mungkin kita meningkatkan kapasitas tiap tahun apabila PLN tidak dibuat berdaya,'' jelasnya.

PLN, lanjut Darwin, harus dibuat berdaya melalui perbaikan pendapatannya. ''Jangan terus menerus di bawah BPP (biaya pokok produksi), harus lebih tinggi,'' katanya.

Pada kesempatan yang sama, Dahlan Iskan mengakui rencana memberikan listrik gratis tersebut merupakan wacana dari dirinya.''Ini memang wacana saya, sementara pemerintah dan DPR yang punya keputusan,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement