Sabtu 12 Jun 2010 03:20 WIB

Menguat, Rupiah Sore Tembus Rp9.200 Per Dolar

Rupiah
Foto: ANTARA
Rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat (11/6) sore menguat menembus angka Rp9.200 per dolar. Kenaikan didorong pelaku pasar makin aktif membeli mata uang Indonesia menjelang penutupan yang terpicu oleh melemahnya dolar terhadap euro.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar naik menjadi Rp9.195-Rp9.205 per dolar dibanding penutupan pasar sebelumnya Rp9.222-Rp9.232 atau naik 27 poin.

Analis Valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova di Jakarta, mengatakan, pelaku menyadari faktor positif dari eksternal makin memicu mereka untuk membeli rupiah. Apalagi, lanjut dia, ada laporan bahwa ekonomi Asia merupakan pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi global.

Kenaikan rupiah itu, menurut dia, karena pelaku pasar melihat defisit perdagangan AS melemah dan tingkat pengangguran yang mengecewakan membayangi pelaku pasar untuk melepas dolar. Mereka mencari mata uang lain yang resikonya lebih besar, namun memberikan keuntungan yang lebih berarti.

Selain itu, euro yang juga naik terhadap dolar AS hingga mencapai 1,2122 dari sebelumnya 1,1975, merupakan faktor pendorong bagi rupiah untuk menguat lebih besar, katanya.

Pelaku pasar, lanjut dia semula masih khawatir dengan krisis keuangan Eropa yang telah merembet ke negara lain, akibat meningkatnya krisis tersebut. Namun, pasar Asia yang ekonominya makin membaik membuat mereka lebih cepat mengalihkan dananya ke pasar saham maupun pasar uang sehingga indeks juga bergerak naik menembus angka 2.800 poin.

Menurut dia, rupiah pada pekan depan diperkirakan akan kembali menguat mendekati angka Rp9.100 per dolar, karena sentimen positif terus meningkat. "Kami memperkirakan apabila tidak ada hambatan maka rupiah akan dapat mencapai angka Rp9.100 per dolar, " ucapnya.

sumber : Ant

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement