Sabtu 22 May 2010 01:07 WIB

Prioritas Bagi Empat Sektor Industri

Rep: C15/ Red: Budi Raharjo
Menteri Perindustrian MS Hidayat
Menteri Perindustrian MS Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID,PURWAKARTA--Pemerintah menetapkan empat sektor industri prioritas. Dengan dukungan fasilitasi fiskal dan nonfiskal, diharapkan industri nasional bisa tumbuh lebih dari tujuh persen pada 2014.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, mengatakan keempat sektor industri prioritas itu ialah manufaktur, pengolahan, otomotif, dan petrokimia. ''Jadi 4,5 tahun lagi industri bisa tumbuh lebih dari tujuh persen. Di kuartal I tahun ini, industri telah tumbuh 4,3 persen dari tahun lalu yang cuma dua persenan,'' katanya dalam peresmian perluasan pabrik PT Indopoly Swakarsa Industry, di Puwakarta, Jumat (21/5).

Untuk sektor pengolahan, dia menekankan pentingnya pengembangan industri berbasis nilai tambah dan produksi barang turunan. Khusus otomotif, dia berambisi menjadikan Indonesia sebagai basis industrinya. Selama ini, pusat industri otomotif terletak di Thailand. ''Saya berambisi memindahkan basis produksinya ke sini, mumpung Thailand lagi bentrok,'' ucapnya sambil terkekeh.

Menilik tingginya pertumbuhan ekonomi, Hidayat memandang, perlu penguatan struktur industri terutama barang modal untuk mengurangi tekanan impor. Terlebih, momentum pertumbuhan ekonomi nasional dan stabilnya kondisi makro ekonomi belakangan ini. ''Karena itu, silakan sampaikan kondisi yang Anda (pelaku usaha) minta,'' ujarnya mengacu ke fasilitasi fiskal dan nonfiskal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement