Jumat 12 Dec 2025 07:54 WIB

Pelita Air dan JNE Gratiskan Pengiriman Bantuan ke Sumatera

Program ini ditujukan untuk mempercepat distribusi bantuan masyarakat.

Rep: M. Nursyamsyi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pelita Air.
Foto: pertamina
Pelita Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelita Air meluncurkan program “Pelita Air Peduli” berupa pengiriman bantuan secara gratis melalui layanan kargo bekerja sama dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan mengatakan program yang berlangsung pada 9–20 Desember 2025 ini ditujukan untuk mempercepat distribusi bantuan masyarakat ke wilayah terdampak bencana di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

"Melalui inisiatif ini, instansi atau lembaga kemanusiaan dapat mengirimkan donasi ke Sales Counter JNE, yang berlokasi di Jalan Tomang 9, Jakarta Barat untuk kemudian didistribusikan ke organisasi kemanusiaan setempat kepada para penyintas," ujar Dendy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (12/12/2025).

Baca Juga

Dendy mengatakan pengiriman dilakukan melalui tiga rute kargo Pelita Air, yaitu Jakarta–Padang, Jakarta–Medan, dan Jakarta–Banda Aceh sehingga bantuan dapat tiba di lokasi terdampak secara cepat dan terkoordinasi. Dendy menyampaikan kolaborasi ini merupakan wujud kepedulian perusahaan untuk mendukung masyarakat Sumatra dalam masa pemulihan.

"Sebagai maskapai yang melayani rute-rute di Sumatra, kami merasa terpanggil untuk berkontribusi langsung membantu saudara-saudara kita yang sedang menghadapi kesulitan," sambung Dendy.

Sebagai bentuk dukungan lebih luas, sambung Dendy, sejumlah mitra turut membantu penyediaan fasilitas pendukung bagi proses pengiriman yang dilakukan masyarakat. Di antaranya adalah Pos Logistik Indonesia, Indonesia Aviation Service, dan BST yang memberikan dukungan berupa fasilitas gudang dan layanan penanganan kargo tanpa biaya sebagai bagian dari solidaritas bersama.

"Selain program kargo gratis, Pelita Air juga menyalurkan bantuan kemanusiaan yang dihimpun dari partisipasi sukarela para pekerja, jajaran manajemen, serta dukungan perusahaan," ucap Dendy.

Donasi tersebut diserahkan di Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin (8/12/2025) dan diterima oleh Plh Direktur Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan BNPB, Erry Prawisuda. Dendy menyampaikan sebanyak 8.553 item kebutuhan esensial disalurkan, terdiri dari makanan siap konsumsi, perlengkapan sanitasi, kebutuhan wanita, anak dan bayi, perlengkapan sholat, hingga kasur dan selimut hangat untuk mendukung masa tanggap darurat.

Dendy menambahkan kontribusi ini merupakan cerminan solidaritas keluarga besar Pelita Air. Ia mengatakan Pelita Air menegaskan komitmennya sebagai bagian dari Pertamina Group untuk terus hadir membantu masyarakat, memanfaatkan kekuatan logistik udara serta dukungan ekosistem mitra sebagai wujud kepedulian dan sinergi untuk bangsa.

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak dan menjadi bagian dari dukungan kami terhadap upaya pemulihan," kata Dendy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement