REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM mengungkapkan sektor sepatu dan alas kaki menjadi semakin kompetitif (competitiveness) berkat inovasi dan perubahan model bisnis yang dilakukan pelaku usaha.
"Tentang competitiveness untuk di sepatu dan alas kaki ini memang sangat kompetitif, dan hal tersebut justru memang banyak juga disebabkan karena faktor inovasi-inovasi yang dilakukan baik oleh pelaku usaha baru maupun yang sudah eksisting, memang mereka memiliki inovasi yang lebih tinggi," ujar Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM Nurul Ichwan di Jakarta, Sabtu (11/10/2025).
Dengan dengan adanya inovasi-inovasi tadi, lanjutnya, maka terjadilah seleksi secara alam terhadap produk sepatu dan alas kaki mana yang bisa kemudian diterima oleh pasar dengan inovasi-inovasinya, dan pelaku usaha mana yang tidak melakukan inovasi. Nurul Ichwan juga mengatakan dari model bisnisnya sekarang ini lebih banyak orang atau pelaku usaha pemegang merek yang melakukan kegiatan mendesain dan melakukan quality control atas materialnya. Lalu juga secara teknis bagaimana bisa menjadi sepatu yang lebih sehat dan lebih nyaman.
"Dan dia tidak memproduksinya sendiri sehingga dia memberikan atau memberikan subkontrak kepada perusahaan-perusahaan yang punya kemampuan untuk memproduksi sepatu dengan merek-merek tertentu yang bukan milik perusahaan produksinya, tetapi pencipta atau pemilik merek yang membuat riset dan pengembangannya," katanya.