Senin 28 Jul 2025 15:54 WIB

TASPEN Kunjungi Pensiunan di Kupang: Komitmen Pelayanan yang Menyentuh Langsung ke Peserta

Melayani peserta bukan sekadar tugas institusional melainkan amanah kebangsaan.

Dengan tekad memberikan pelayanan yang langsung menyentuh peserta, manajamen TASPEN mengunjungi rumah pensiunan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Foto: TASPEN
Dengan tekad memberikan pelayanan yang langsung menyentuh peserta, manajamen TASPEN mengunjungi rumah pensiunan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- PT TASPEN (Persero) kembali menegaskan komitmennya dalam memberikan pelayanan yang menyentuh langsung kehidupan peserta. Dalam semangat melayani sepenuh hati, manajemen TASPEN turun langsung ke daerah melalui kunjungan peserta pensiun di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan ini dipimpin langsung Komisaris Utama TASPEN, Fary Djemy Franscis, sebagai bentuk nyata penghargaan atas dedikasi abdi negara yang telah purnatugas, sekaligus memastikan hak dan layanan pensiun tersampaikan secara baik, cepat, dan tanpa ada kendala.

Corporate Secretary TASPEN, Henra mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari strategi layanan TASPEN, di mana peserta tidak hanya diposisikan sebagai penerima manfaat, tetapi bagian dari keluarga besar TASPEN yang terus diperhatikan kesejahteraannya, bahkan setelah memasuki masa purnatugas.

“Melalui kunjungan ini, kami ingin memastikan layanan TASPEN benar-benar hadir dan dirasakan langsung peserta, terutama di wilayah-wilayah yang jauh dari pusat kota. Inisiatif ini bentuk pelayanan inklusif yang sesuai mandat dan komitmen kami sebagai penyelenggara jaminan sosial bagi ASN dan pejabat negara,” katanya dalam keterangan Senin (28/7/2025).

Kunjungan dilakukan ke dua rumah peserta pensiun, yaitu keluarga Bapak Cristofel Subnafeu dan keluarga Bapak Jerry Gerson Adu, yang keduanya telah lama menjadi peserta TASPEN dan kini menikmati masa pensiun di Kota Kupang.

Dialog hangat terjadi di masing-masing rumah, membahas pengalaman menerima manfaat, harapan terhadap layanan TASPEN, serta berbagai cerita inspiratif dari para pensiunan yang tetap aktif dan produktif setelah memasuki masa purnatugas.

Peserta Pensiun TASPEN KC Kupang, Jerry Gerson Adu mengatakan, “Saya sangat berterima kasih atas program Layanan Antar Pensiun. Dengan kondisi fisik saya yang sudah tidak sekuat dulu, layanan ini sangat membantu. Saya tetap bisa menerima hak pensiun saya tanpa harus keluar rumah.”

Kunjungan peserta pensiun yang dilakukan langsung oleh manajemen TASPEN ini bukan sekadar agenda simbolis, melainkan wujud nyata dari filosofi pelayanan yang dipegang teguh TASPEN yakni hadir secara menyeluruh, dari pusat hingga ke pelosok daerah.

Pendekatan ini bagian dari komitmen perusahaan dalam membangun layanan sosial yang inklusif, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan para pensiunan di berbagai wilayah, termasuk di daerah perbatasan, kepulauan, dan wilayah tertinggal.

Langkah ini sejalan dengan semangat Asta Cita yang digagas oleh Presiden, khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, menghadirkan sistem perlindungan sosial yang berkeadilan, serta memberdayakan masyarakat agar tetap produktif di masa purnatugas.

Bagi TASPEN, pelayanan tidak hanya berkutat pada angka, prosedur, atau teknologi tetapi tentang kehadiran nyata, keterlibatan emosional, dan kesinambungan hubungan yang manusiawi antara perusahaan dan peserta.

Melalui kunjungan peserta pensiun ini, TASPEN menegaskan, pensiunan bukan sekadar penerima manfaat, melainkan mitra strategis dalam pembangunan kehidupan bangsa.

Pengabdian dengan penuh dedikasi ini layak menerima penghormatan dalam bentuk layanan cepat, tepat, dan bermartabat. Di tengah arus percepatan digitalisasi, TASPEN berkomitmen untuk memastikan tidak ada satu pun peserta yang tertinggal dari sisi teknologi.

Bagi TASPEN, melayani peserta bukan sekadar tugas institusional melainkan amanah kebangsaan yang dijalankan dengan sepenuh hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement