Jumat 12 Sep 2025 11:56 WIB

Andal by TASPEN: Wujudkan Layanan Digital Merata Hingga Pelosok 3T

Sejak Januari 2025, Andal by TASPEN digunakan lebih dari 2,3 juta peserta.

Aplikasi Andal by TASPEN menjadi komitmen TASPEN memberikan layanan merata dari kota besar hingga daerah 3T.
Foto: TASPEN
Aplikasi Andal by TASPEN menjadi komitmen TASPEN memberikan layanan merata dari kota besar hingga daerah 3T.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT TASPEN (Persero) senantiasa melakukan transformasi pelayanan publik yang inklusif dan merata bagi 6,7 juta peserta di seluruh Indonesia, termasuk masyarakat yang tinggal di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Melalui inovasi Andal by TASPEN, layanan yang mudah, aman, dan andal dapat diakses ASN aktif maupun pensiunan di daerah 3T seperti Nias, Kupang, Ambon, Ternate, Jayapura, dan Manokwari yang saat ini menjadi garda terdepan bagi 178 ribu peserta TASPEN.

Corporate Secretary PT TASPEN (Persero), Henra mengatakan, digitalisasi melalui Andal by TASPEN merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan yang merata, dari kota besar hingga daerah 3T.

“Kami ingin memastikan seluruh peserta, tanpa terkecuali, dapat menikmati layanan yang mudah diakses, modern, dan inklusif,” kata Henra dalam keterangan yang dikutip Jumat (12/9/2025).

Sejak diluncurkan Januari 2025, aplikasi Andal by TASPEN telah digunakan oleh lebih dari 2,3 juta peserta di seluruh Indonesia.

Kemudahan fitur autentikasi cukup dengan selfie memungkinkan peserta yang telah melakukan enrollment langsung mengakses layanan tanpa perlu login atau registrasi ulang. Inovasi ini memberikan pengalaman digital yang lebih sederhana, cepat, dan aman bagi seluruh peserta.

Peserta pensiun di Jayapura, Leonard Banggo (65 tahun), mengaku terbantu dengan kehadiran Andal by TASPEN.

“Saya benar-benar merasa terbantu dengan kemudahan layanan Andal by TASPEN. Sekarang cukup selfie lewat aplikasi, saya bisa langsung akses manfaat pensiun. Bahkan, karena saya sudah lakukan perekaman wajah, saya bisa autentikasi dengan mudah, tanpa perlu login lagi,” ujarnya.

Hingga saat ini, TASPEN memiliki 57 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sejumlah di antaranya berlokasi di wilayah 3T, antara lain di Kepulauan Nias, Kupang, Ende, Ambon, Ternate, Jayapura, dan Manokwari.

Kehadiran kantor cabang di daerah-daerah tersebut menunjukkan komitmen TASPEN untuk menjangkau peserta hingga pelosok nusantara.

Sinergi antara layanan digital dan kehadiran cabang fisik memungkinkan peserta tetap memperoleh akses pelayanan yang cepat, aman, dan terpercaya. Hal ini diperkuat dengan kemitraan strategis dengan 44 mitra bayar yang mencakup bank-bank nasional, Pos Indonesia, serta Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Upaya TASPEN sejalan dengan arah pembangunan nasional yang dicanangkan dalam Asta Cita Presiden Prabowo Subianto, khususnya misi penguatan sumber daya manusia melalui pemanfaatan teknologi serta misi keenam mengenai pembangunan dari desa dan dari bawah untuk pemerataan.

Dengan digitalisasi layanan publik yang menjangkau hingga daerah 3T, TASPEN mendukung terwujudnya pemerataan akses dan kesempatan bagi seluruh masyarakat, termasuk para pensiunan dan ASN di pelosok negeri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement