Rabu 01 Oct 2025 15:56 WIB

TASPEN GRC INSIGHT FORUM 2025: Perkuat Tata Kelola ESGRC untuk Integritas dan Keberlanjutan Bisnis

Forum TGIF 2025 menjadi wadah diskusi dan pembelajaran strategis bagi insan TASPEN.

TASPEN menggelar TGIF untuk meningkatkan kualitas penerapan tata kelola perusahaan yang baik.
Foto: TASPEN
TASPEN menggelar TGIF untuk meningkatkan kualitas penerapan tata kelola perusahaan yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen terus meningkatkan kualitas penerapan prinsip Tata Kelola, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan (Governance, Risk, and Compliance/GRC) dalam setiap langkah bisnis perusahaan.

Dalam rangka mewujudkan komitmen ini, TASPENkembali menyelenggarakan TASPEN GRC INSIGHT FORUM (TGIF) dengan tema “ESGRC in Strengthening Integrity and Enhancing Business Sustainability”.

Tujuannya, memperkuat tata kelola perusahaan berbasis Environment, Social, Governance, Risk, and Compliance (ESGRC) dalam rangka menjaga integritas dan mendorong keberlanjutan bisnis.

Kegiatan dihadiri Dewan Komisaris dan jajaran Direksi TASPEN, pimpinan Klaster Jasa Asuransi dan Dana Pensiun, seluruh Kepala Unit Kerja TASPEN dari seluruh Indonesia dan mitra bisnis TASPEN turut berpartisipasi dalam kegiatan di Jakarta (1/10/2025) ini.

Forum TGIF 2025 menjadi wadah diskusi dan pembelajaran strategis bagi insan TASPEN serta salah satu inisiatif TASPEN menginternalisasi nilai-nilai GRC dalam lingkungan perusahaan.

TASPEN menegaskan komitmennya untuk terus membangun budaya perusahaan berlandaskan tata kelola berstandar internasional. Ini sejalan dengan dinamika bisnis global sekaligus mendukung agenda pembangunan nasional yang digagas Presiden, Prabowo Subianto, melalui Asta Cita.

Corporate Secretary TASPEN, Henra menjelaskan, penyelenggaraan TGIF 2025 merupakan bagian dari langkah strategis perusahaan untuk mendukung agenda besar pemerintah.

“Prinsip ESGRC yang kami dorong sejalan dengan Asta Cita Presiden Prabowo Subianto, yang menekankan ketahanan ekonomi, tata kelola pemerintahan yang bersih dan efisien, peningkatan kualitas SDM, serta pelayanan publik yang inklusif,’’ katanya.

Melalui forum ini, ujar Henra, TASPEN ingin memastikan seluruh insan perusahaan semakin termotivasi untuk menghadirkan layanan terbaik bagi ASN, pensiunan, dan keluarga peserta. Komitmen TASPEN terhadap integritas dan keberlanjutan bisnis juga tecermin dari berbagai pencapaian penting.

Dalam tiga tahun terakhir, TASPEN berhasil mempertahankan predikat Most Trusted Company dalam program Corporate Governance Perception Index (CGPI) berkat konsistensinya menjaga kinerja keuangan dan non-keuangan, kepatuhan terhadap regulasi, penerapan etika bisnis, serta efektivitas pengendalian manajemen.

Selain itu, sejak 2015 hingga 2024, penilaian Good Corporate Governance (GCG) TASPEN selalu berada pada kategori sangat baik. Pada 2024, TASPEN bahkan mencatatkan nilai yakni 99,02, yang menegaskan penerapan GCG TASPEN pada kategori sangat baik.

TASPEN juga mempertegas komitmennya terhadap tata kelola berstandar internasional dengan memperoleh sejumlah sertifikasi ISO, antara lain ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan, ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, SNI ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi, serta ISO 22301:2019 Business Continuity Management System (BCMS).

Dengan menjadikan prinsip GRC sebagai landasan, TASPEN tidak hanya memperkuat fondasi keberlanjutan bisnis, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan publik.

Hal ini menjadi dorongan bagi perusahaan untuk terus menghadirkan layanan berkualitas dan inovasi produk yang menjawab kebutuhan peserta di seluruh Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement

Rekomendasi

Advertisement