REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) yang mengelola terminal nonpetikemas di seluruh Indonesia, menegaskan komitmennya untuk menjaga kelancaran operasional dan pelayanan selama bulan suci Ramadhan 1446 H (2025).
VP Komunikasi Korporasi Pelindo Multi Terminal, Farid Chairmawan menyatakan Perusahaan memastikan kegiatan bongkar muat dan layanan terminal lainnya tetap berjalan optimal, selama periode Ramadhan di seluruh wilayah operasionalnya, yakni 31 branch/cabang dan 6 terminal kendaraan yang dikelola melalui Pelindo Multi Terminal serta anak perusahaannya.
"Ramadhan adalah periode penting bagi umat Muslim, khususnya untuk masyarakat Indonesia, dan kami memahami bahwa kelancaran distribusi logistik sangat krusial, terutama untuk kebutuhan pokok. Oleh karena itu, Pelindo Multi Terminal berkomitmen untuk menghadirkan layanan operasional pelabuhan berjalan optimal," ujar Farid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (6/3/2025).
Sebagai langkah proaktif untuk mendukung kelancaran operasional selama Ramadhan, ucap Farid, perusahaan telah meningkatkan kesiapsiagaan operasional di seluruh terminal nonpetikemas yang dikelola, termasuk pengaturan jadwal kerja.
Sejalan itu, lanjut Farid, Pelindo Multi Terminal juga terus mengoptimalkan layanan bongkar muat, dan pengiriman barang untuk meminimalkan waktu tunggu dan memastikan kelancaran arus barang. Farid mengatakan perusahaan akan terus berkoordinasi secara intensif dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk perusahaan pelayaran, importir, eksportir, dan instansi terkait, untuk memastikan kelancaran operasional terminal.
"Kami menyadari kelancaran logistik selama Ramadhan sangat penting untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok. Oleh karena itu, Pelindo Multi Terminal akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa," kata Farid.