Jumat 07 Feb 2025 19:36 WIB

KAI Sampaikan Apresiasi kepada Jurnalis dan Komunitas Railfans dalam Pemberitaan

Anne juga menyampaikan terkait evaluasi kinerja angkutan penumpang di wilayah Daop 2.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh wartawan dan media atas kerja sama yang telah terjalin selama ini dalam menyebarkan informasi mengenai layanan KAI.
Foto: KAI
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh wartawan dan media atas kerja sama yang telah terjalin selama ini dalam menyebarkan informasi mengenai layanan KAI.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh wartawan dan media atas kerja sama yang telah terjalin selama ini dalam menyebarkan informasi mengenai layanan KAI. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, kepada rekan-rekan media dan Komunitas Pencinta Kereta Api (Railfans).

Anne Purba dalam pernyataan resminya menegaskan pentingnya sinergi antara KAI dan dunia jurnalistik, terutama dalam menyampaikan kabar dan pembaruan layanan kepada masyarakat. "Dukungan dan kolaborasi dari rekan-rekan wartawan maupun komunitas railfans sangat berarti bagi kami. Melalui kerja sama yang telah terjalin, informasi tentang berbagai layanan KAI dapat tersebar dengan akurat dan tepat waktu, yang sangat vital dalam membantu masyarakat, khususnya menjelang Angkutan Lebaran yang akan datang," ujar Anne.

Baca Juga

Dalam pernyataannya, Anne Purba menambahkan, "Kami berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut. Dengan sinergi yang solid antara KAI dengan media, kami optimis mampu memberikan informasi yang jelas, transparan, dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepercayaan publik. Kepada rekan-rekan railfans kami juga mengapresiasi setinggi-tingginya atas bantuan yang diberikan kepada KAI," tambah Anne.

Anne juga menyampaikan terkait evaluasi kinerja angkutan penumpang di wilayah Daop 2 Bandung yang sudah melayani sebanyak 9.426.801 penumpang (datang dan berangkat) selama periode Tahun 2024 untuk KA Jarak Jauh dan KA Lokal Siliwangi relasi Cipatat - Sukabumi, naik sebanyak 0,84 persen persen jika dibanding periode Tahun 2023 sebanyak 9.348.283 penumpang. Jumlah keberangkatan penumpang sebanyak 4.720.022 penumpang, sedangkan jumlah kedatangan penumpang sebanyak 4.706.779 penumpang

Stasiun Keberangkatan Penumpang KA Jarak Jauh:

- Stasiun Bandung sebanyak 1.502.811 penumpang,

- Stasiun Kiaracondong sebanyak 931.197 penumpang,

- Stasiun Tasikmalaya sebanyak 384.299 penumpang,

- Stasiun Banjar sebanyak 221.850 penumpang,

- Stasiun Cimahi sebanyak 166.490 penumpang,

Stasiun Keberangkatan Penumpang KA Lokal:

- Stasiun Cianjur sebanyak 461.394 penumpang,

- Stasiun Cipatat sebanyak 196.322 penumpang,

- Stasiun Ciranjang sebanyak 114.090 penumpang,

- Stasiun Cibeber sebanyak 105.453 penumpang,

- Stasiun Cipeuyeum sebanyak 58.302 penumpang,

Stasiun Kedatangan KA Jarak Jauh:

- Stasiun Bandung sebanyak 1.534.723 penumpang,

- Stasiun Kiaracondong sebanyak 923.298 penumpang,

- Stasiun Tasikmalaya sebanyak 387.972 penumpang,

- Stasiun Banjar sebanyak 218.583 penumpang,

- Stasiun Cimahi sebanyak 160.057 penumpang,

Stasiun Kedatangan KA Lokal:

- Stasiun Cianjur sebanyak 501.056 penumpang,

- Stasiun Cipatat sebanyak 222.501 penumpang,

- Stasiun Ciranjang sebanyak 100.974 penumpang,

- Stasiun Cibeber sebanyak 87.849 penumpang,

- Stasiun Cipeuyeum sebanyak 50.586 penumpang,

Gapeka 2025 di Daop 2 Bandung

Pada Gapeka 2025, Daop 2 Bandung menambah frekuensI perjalanan KA Harina yang ditambah menjadi pagi hari, sehingga ada 3 kali perjalanan dari Bandung menuju ke Cirebon dan Semarang Tawang, yakni 

- KA Harina (Bd - Sbi) keberangkatan pagi (Bd 09.35 - Smt 16.23 - Sbi 20.10)

- KA Ciremai (Bd - Smt) keberangkatan sore (Bd 16.55 - Smt 00.00)

- KA Harina (Bd - Sbi) keberangkatan malam (Bd 21.35 - Smt 04.30 Sbi 08.25)

Serta menjalankan kembali kereta legendaris KA Parahyangan dengan pilihan kelas ekonomi, eksekutif, dan panoramic yang melayani 8 stasiun pemberhentian dan terdapat tarif parsial. Stasiun pelayanan KA Parahyangan Stasiun Bandung, Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Karawang, Bekasi, Jatinegara, dan Gambir dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3 jam.

KAI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan transportasi dan menjaga komunikasi yang efektif dengan masyarakat. "Melalui kolaborasi yang erat dengan para wartawan dan komunitas railfans, KAI yakin dapat memberikan kontribusi positif dalam mengoptimalkan mobilitas masyarakat, terutama di masa-masa sibuk menjelang Lebaran," tandas Anne.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement