Senin 21 Oct 2024 23:25 WIB

Jejak Karier Sri Mulyani, Menteri Keuangan Tiga Presiden

Sri Mulyani pertama kali diminta menjadi menteri keuangan pada 2005.

Menteri Keuangan Sri Mulyani berpose bersama tiga wakil menteri keuangan yang mendampinginya di Kabinet Merah Putih, yaitu Suahasil Nazara, Thomas Djiwandono, dan Anggito Abimanyu.
Foto: Tangkapan layar
Menteri Keuangan Sri Mulyani berpose bersama tiga wakil menteri keuangan yang mendampinginya di Kabinet Merah Putih, yaitu Suahasil Nazara, Thomas Djiwandono, dan Anggito Abimanyu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sri Mulyani Indrawati resmi dilantik menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Merah Putih di bawah pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Senin (21/10/2024). Pelantikan itu menandai eksistensinya sebagai Menteri Keuangan RI di tiga periode pemerintahan berturut-turut, mulai dari kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Joko Widodo (Jokowi), hingga kini Prabowo Subianto.

Kepercayaan yang berlanjut terhadap Sri Mulyani tak mengherankan bila melihat rekam jejaknya dalam bidang ekonomi. Perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962, ini konsisten menempuh perjalanan di bidang ekonomi sejak masuk ke jenjang perkuliahan tingkat sarjana.  

Baca Juga

Riwayat pendidikan

Usai menamatkan sekolah di SMA Negeri 3 Semarang, Sri Mulyani melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia (UI). Dia tercatat sebagai lulusan Sarjana Ekonomi fakultas ini pada 1986.

Empat tahun berselang, Sri Mulyani meraih gelar Master of Science (M.Sc) di bidang Ekonomi Kebijakan dari University of Illinois Urbana-Champaign, Amerika Serikat. Dia melanjutkan pendidikannya pada kampus yang sama untuk mendapatkan gelar Doktor (PhD), yang ia raih pada 1992.  

Perjalanan karier Sri Mulyani

Sri Mulyani, yang juga akrab disapa Ani, memulai kariernya di lingkup akademik sebagai pengajar dan peneliti. Dia menjadi asisten pengajar Fakultas Ekonomi UI (1985-1986) dan asisten profesor di University of Illinois Urbana-Champaign (1990-1992).

Ia pun aktif menjadi pengamat ekonomi sambil menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI sejak 1998.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement