Ahad 13 Oct 2024 15:00 WIB

AKHLAK Sebagai Fondasi

Pembangunan karakter SDM menjadi kunci utama kemajuan sebuah negara.

Logo AKHLAK sebagai Core Values SDM Grup BUMN.
Foto: Bumn
Logo AKHLAK sebagai Core Values SDM Grup BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – 1 Juli 2020 menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan transformasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kementerian BUMN menetapkan ‘Core Value’ Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) sebagai fondasi kokoh untuk berpijak, sekaligus haluan gerak langkah seluruh perusahaan pelat merah di Tanah Air dalam menjalankan bisnisnya.

Kementerian BUMN menyampaikan, pembangunan karakter sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci utama kemajuan sebuah negara. Ia mencontohkan Jepang dan Amerika Serikat (AS) yang menjadi negara maju setelah melakukan perubahan besar-besaran usai mengalami peristiwa besar. AS pernah mengalami perang saudara pada 1861-1865, sedangkan Jepang mengalami peristiwa Restorasi Meiji pada 1869.

Baca Juga

Dua peristiwa itu menjadi momentum bagi AS dan Jepang dalam melakukan revolusi menjadi negara maju seperti yang terlihat hari ini. Jepang dan AS ingin menjadi negara maju berdasarkan filosofi negara mereka. Indonesia pun demikian, ingin menjadi negara maju, sehingga harus diawali dari revolusi mental yang oleh Kementerian BUMN diberi nama AKHLAK.

Indonesia bertekad menjadi negara maju dan memiliki komitmen terhadap pertumbuhan ekonomi, tanpa mengabaikan kesenjangan kesejahteraan yang masih terjadi. BUMN sebagai sepertiga kekuatan ekonomi memiliki peran besar dalam menjaga tren pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif.

BUMN tidak ingin menjiplak negara maju seperti Amerika Serikat atau Jepang, karena Indonesia memiliki budayanya sendiri dan keinginan untuk maju. Oleh karena itu, Kementerian BUMN sejak awal menyepakati AKHLAK adalah milik seluruh BUMN yang memiliki keinginan bertransformasi. Ini tidak menjadi pencitraan atau hanya slogan, tapi juga meresap pada setiap insan BUMN.

Mulai menuai

Para perusahaan pelat merah lantas berlari cepat menyesuaikan diri dengan menjadikan AKHLAK sebagai ‘pegangan’. Salah satunya adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN). Perusahaan melakukan transformasi dan menerapkan nilai AKHLAK secara serius di setiap lini. Hingga kemudian, transformasi dan inovasi berbasis digitalisasi yang konsisten dilakukan PT PLN (Persero) selama tiga tahun terakhir berbuah manis.

PLN berhasil meraih 779 penghargaan dalam berbagai kategori, baik di tingkat nasional hingga internasional sepanjang 2023. Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, transformasi PLN berbasis AKHLAK yang dilakukan konsisten dan berkelanjutan melalui digitalisasi dan terobosan di berbagai bidang berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis dan kepuasan pelanggan.

"Proses bisnis yang tadinya statis dan backward looking diubah menjadi dinamis dan forward looking. PLN melakukan digitalisasi pembangkit, transmisi, distribusi, pelayanan pelanggan, perencanaan hingga pengelolaan keuangan, yang membuat perusahaan semakin efisien dan kokoh," ujar Darmawan.

Sebagai perusahaan induk, PLN tercatat meraih 318 penghargaan di berbagai bidang mulai dari nasional hingga internasional. Apresiasi dunia Internasional kepada PLN berkat pelayanan terbaiknya kepada pelanggan antara lain meraih dua penghargaan pada ajang Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review di bulan Oktober.

Kemudian Contact Center PLN 123 juga berhasil membawa pulang 8 penghargaan pada ajang Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di bulan Agustus. Berkat transformasi dari sisi human capital, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 di bulan Oktober.

Torehan prestasi ini tidak hanya diraih PLN holding, tetapi juga diraih subholding dengan total 427 dan anak perusahaan dengan total 34 penghargaan. Penghargaan ini diraih berkat kinerja apik seluruh subholding dan anak usaha PLN yang secara serius menjadikan AKHLAK sebagai fondasi dalam bekerja. Menurut Darmawan, deretan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN dan juga tidak lepas dukungan dari pemerintah.

Meski begitu, rentetan capaian ini tidak kemudian menjadikan PLN berpuas diri. Darmawan menegaskan bahwa penghargaan bukanlah tujuan yang dicari, namun penghargaan ini menjadi salah satu pemacu upaya peningkatan kinerja dan layanan berkelanjutan di tubuh PLN. "Berbagai capaian ini akan menjadi pemecut semangat kami untuk terus bertransformasi dalam proses bisnis maupun memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Darmawan.

photo
Tampilan 7 (tujuh) penghargaan Utama Indonesia Human Capital Brilliance Awards (IHCBA) 2023 yang diraih oleh PLN. Penghargaan tersebut terdiri dari CEO of Year 2023 for Brilliant Human Capital, Brilliant Human Capital Director of Year 2023, Most Brilliant Overall Pillars of Human Capital Drivers 2023, Most Brilliant Vision and Mission of Year 2023, Most Brilliant Core Values and Company Culture 2023, Most Brilliant Employee Engagement 2023, dan Most Brilliant Strategic Execution 2023. - (Dok PLN)

Penerapan AKHLAK mengakselerasi transformasi.. baca di halaman selanjutnya.

sumber : Tim Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement