Selasa 04 Jun 2024 12:47 WIB

Jelajah Kuliner Nusantara, PTPN IV PalmCo Dorong UMKM Sumut agar Naik Kelas

Acara ini berhasil membukukan lebih dari 4.500 transaksi.

PTPN IV PalmCo bersama Holding PTPN dan BUMN lain menggelar Bazaar Jelajah Kuliner Nusantara di Medan, akhir pekan lalu.
Foto: PTPN IV
PTPN IV PalmCo bersama Holding PTPN dan BUMN lain menggelar Bazaar Jelajah Kuliner Nusantara di Medan, akhir pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perkebunan Nusantara IV PalmCo bersama BUMN memberikan stimulus kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Utara dengan menggelar Bazaar Jelajah Kuliner Nusantara di Medan, Sumatera Utara. Acara yang digelar selama tiga hari mulai 31 Mei hingga 2 Juni 2024 ini berhasil membukukan lebih dari 4.500 transaksi dengan nilai transaksi mencapai hampir setengah miliar rupiah.

Melalui keterangan tertulisnya, Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin di Jakarta, Selasa (4/6/2024) menyatakan, bazar yang menghadirkan puluhan menu nusantara dari UMKM setempat itu merupakan komitmen dan kontribusi nyata BUMN dalam mendukung pelaku usaha kecil di bidang kuliner.

Baca Juga

”Harapannya, kawan-kawan UMKM dapat naik kelas. Dengan Jelajah Kuliner Nusantara hasil kolaborasi BUMN didukung Kementerian BUMN, semoga ini bisa menjadi stimulus positif bagi semuanya,” ujar Irwan. 

Acara JKN yang mengusung tema ’’Petualangan Kulinermu Dimulai Dari Sini” merupakan sinergi beberapa perusahaan BUMN yang terdiri dari PTPN Grup, Bank Syariah Indonesia, PT KAI, PT Pos Indonesia, PT Inalum, dan PT Bukit Asam juga menghadirkan lebih dari 80 jenis sajian beragam khas Nusantara yang autentik.

”Kita percaya dengan rasa khas Nusantara ini, maka bisa menjadi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi pengunjung. Dan meningkatkan awareness serta minat belanja masyarakat terhadap produk-produk UMKM melalui Pasar Digital (PaDi) UMKM,” kata Irwan.

Tercatat dalam gelaran Bazaar JKN tersebut terjadi 4.543 transaksi di mana 4.508 transaksi Pre Order PaDi senilai Rp 414 juta serta 16 transaksi PO Retail dan Buyer Grup Rp 5 juta.

JKN Medan merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya acara serupa dilaksanakan di Bandung pada 24–26 Mei 2024. Acara ini merupakan bagian dari komitmen dan konsistensi BUMN meningkatkan peran penting UMKM yang menjadi tulang punggung dalam perekonomian nasional melalui kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. JKN mengikutsertakan UMKM binaan Rumah BUMN dari masing-masing BUMN penyelenggara.

”Rumah BUMN adalah wadah bagi para pelaku UMKM yang dibina oleh perusahaan-perusahaan negara untuk memfasilitasi UMKM agar naik kelas, mulai dari menerima pelatihan, pendampingan, pemenuhan legalitas usaha. Termasuk acara Bazaar JKN yang mampu mendatangkan konsumen yang kita harapkan merangsang pertumbuhan mereka,”  lanjutnya. 

Selain dapat menyantap berbagai makanan unik khas Nusantara, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai penampilan musik dari artis nasional Idgitaf dan Stevan Pasaribu, penampilan musik tradisional Batak Karo yaitu Kulcapi dari Jacky Sembiring. Selain itu juga terdapat pertunjukan memasak secara langsung dari Yulita Master Chef Indonesia Season 5, Kompetisi Barista, Pameran Cosplay, dan Talkshow Expert Talk dari Pengusaha Nasional Gufron Syarif CEO dan Founder Haus Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement