Jumat 24 May 2024 06:46 WIB

Dukung UMKM, Kementerian BUMN Bikin Festival Kuliner Nusantara

Festival kuliner BUMN digelar di Bandung dan Medan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Pengunjung melihat beragam stan UMKM kuliner (Ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pengunjung melihat beragam stan UMKM kuliner (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Jelajah Kuliner Nusantara (JK di dua Bandung, Jawa Barat pada 24-26 Mei 2024 dan Medan, Sumatera Utara pada 31 Mei-2 Juni 2024. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, mengatakan acara bertajuk "Petualangan Kulinermu Dimulai dari Sini" ini akan menghadirkan keautentikan sajian kuliner khas nusantara dan menciptakan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari Kementerian BUMN yang ingin secara serius mendorong pelaku UMKM agar naik kelas," ujar Loto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga

Loto menyampaikan sejumlah BUMN pun terlibat dalam acara ini, mulai dari BSI, KAI, Inalum, Bukit Asam, PTPN, hingga Pos Indonesia. Melalui acara ini, sambung Loto, para pelaku UMKM khususnya yang bergerak di bidang Food and Beverage dapat mempromosikan dagangannya, serta memberi pengalaman petualangan kuliner beragam khas nusantara kepada masyarakat.

"Melalui gerakan ini, Kementerian BUMN dan BUMN yang memiliki peran sebagai agen pembangunan terus berupaya mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya," ucap Loto.

Salah satu program yang diusung adalah kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diselenggarakan melalui Jelajah Kuliner Nusantara. Loto menjelaskan acara ini bertujuan mendorong UMKM agar naik kelas dan menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Jelajah Kuliner Nusantara juga secara khusus berupaya untuk meningkatkan awareness dan minat belanja masyarakat terhadap produk-produk UMKM terutama UMKM Rumah BUMN maupun produk UMKM yang telah terdaftar di Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM)," kata Loto.

Loto menyampaikan festival Jelajah Kuliner Nusantara yang berlangsung Saparua Park, Bandung, Jawa Barat pada 24-26 Mei 2024 akan menghadirkan beragam produk UMKM yang berasal dari UMKM binaan Rumah BUMN dan PaDi UMKM. Acara ini juga dimeriahkan penampilan musik oleh artis nasional Ghea Indrawari, penampilan memasak secara langsung dari Yulita Master Chef Indonesia Season 5, Kompetisi Barista, Pameran Cosplay, dan Talkshow Expert Talk dari Pengusaha Nasional Gufron Syarif CEO dan Founder Haus Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement