Rabu 24 Apr 2024 18:10 WIB

SDCI: Kendaraan dalam Pameran tidak Disarankan dalam Kondisi Hidup

Pastikan tidak ada kunci kontak yang menggantung yang bisa memicu bahaya.

Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan dalam Indonesian International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).
Foto: Dok Republika
Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan dalam Indonesian International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, para penyelenggara pameran otomotif tidak disarankan untuk menghidupkan kendaraan selama pameran berlangsung. Hal itu guna mencegah kejadian kecelakaan.

"Jangan meremehkan sekalipun itu hanya pameran. Pihak pengelola wajib memastikan kendaraan dalam kondisi off, tidak ada kunci kontak yang menggantung yang bisa menjadi pemicu bahaya," kata Sony Susmana dilansir ANTARA, kemarin.

Baca Juga

Tidak hanya itu, pihak penyelenggara juga harus memperketat batasan dan tidak membiarkan anak-anak untuk berada dalam ruang kendali atau tempat duduk driver. Para penyelenggara acara juga wajib memberikan proteksi tambahan agar kejadian yang mengakibatkan kecelakaan di dalam pameran tidak kembali terjadi seperti yang baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui, sebuah video viral yang dibagikan oleh @innovacommunity di aplikasi X tampak seorang anak kecil yang tengah duduk di bangku pengemudi, sehingga terjadi kecelakaan.

Terpantau, kejadian tersebut berlokasi di Mall Of Indonesia (MOI), Jakarta Utara yang melibatkan seorang anak kecil yang sedang duduk berada di bangku pengemudi dari kendaraan Omoda 5 EV.

"Dapat dr WAG, kata nya anak kecil main2 di mobil display. Mobil nya jalan nabrak tembok. Untung gk nabrak orang," tulis tulis akun X @innovacommunity pada Senin (22/4/2024).

Dalam kejadian tersebut, kendaraan display menabrak tembok yang berada tepat di depan kendaraan elektrik tersebut.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement