Jumat 23 Feb 2024 23:45 WIB

Pameran Otomotif Jadi Taman Bermain Bagi Siswa SMK

Kunjungan ke IIMS membuat para siswa lebih terpacu dalam pembelajaran otomotif.

BYD merilis harga resmi BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal bersamaan dengan momentum pembukaan booth BYD pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024).
Foto: Republika/Firkah Fansuri
BYD merilis harga resmi BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal bersamaan dengan momentum pembukaan booth BYD pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 menjadi playground atau taman bermain sekaligus arena pembelajaran bagi para siswa.

Industri otomotif secara global saat ini semakin bergairah, tak terkecuali Indonesia. Hal itu terlihat dari gelaran pameran otomotif Tanah Air yang semakin berkembang, salah satunya IIMS 2024, yang menampilkan segudang inovasi termutakhir di industri otomotif.

Baca Juga

Kesempatan itu rupanya dimanfaatkan oleh SMKN 4 Jakarta, sekolah kejuruan yang berfokus pada sejumlah ilmu teknik, mulai dari Teknik Permesinan hingga Teknik Kendaraan Ringan untuk menambah pengetahuan tentang dunia otomotif.

Ditemui di IIMS 2024, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/2/2024), sebanyak 50 siswa SMKN 4 Jakarta yang terbagi menjadi beberapa kelompok tersebut tengah berdiskusi sembari mengamati mobil-mobil listrik yang dipamerkan.

 

"Kami ingin melihat teknologi mobil-mobil baru, terutama inovasi mobil listrik dan semi listrik yang lagi tren-trennya," ujar salah seorang siswa Ahmad Nur Arief.

Arief mengatakan kedatangan para siswa di pameran tersebut merupakan inisiatif dari pihak sekolah untuk menambah wawasan siswa mengenai industri otomotif terkini.

Seorang siswa lain, Ridwan, yang sedang mengitari gerai jenama mobil listrik asal China, BYD, mengatakan, berkunjung ke ajang otomotif berhasil membuat para siswa lebih bergairah dan terpacu untuk berinovasi dalam pembelajarannya di dunia otomotif.

"Kami ingin mengincar mobil-mobil listrik dan semi listrik, untuk lihat spesifikasinya, tipe mesinnya, di sini ada lengkap, di mana kalau di sekolah kami masih membuat kendaraan mesin bensin. Jadi, penasaran sekali mobil masa depan seperti apa supaya kami punya gambaran,” kata Ridwan.

IIMS 2024 berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dari 15 hingga 25 Februari 2024.

Selain memamerkan seluruh jenama otomotif yang ada di Tanah Air, pameran tersebut juga menjadi wadah interaksi bagi para pelaku industri dan pencinta otomotif, mendengarkan kebutuhan mereka dan merespons dengan solusi inovatif.

Selain dapat melihat dan menjajal kendaraan, pengunjung bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang otomotif dengan mengikuti acara diskusi selama pameran.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement