Ahad 21 Apr 2024 23:47 WIB

Rumah BUMN SIG di Rembang Bukukan Kenaikan 30 persen Penjualan Saat Ramadhan

Hampers Berkah UMKM Rembang 2024 berhasil membukukan penjualan 5.639 paket

Suasana gerai Rumah BUMN PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Suasana gerai Rumah BUMN PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, REMBANG -- Rumah BUMN (RB) SIG di Rembang yang dikelola anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yakni PT Semen Gresik, pada program Hampers Berkah UMKM Rembang 2024 berhasil membukukan penjualan 5.639 paket bingkisan senilai lebih dari Rp 500 juta atau meningkat 30 persen dari periode sebelumnya.

Corporate Secretary Semen Indonesia, Vita Mahreyni mengatakan, paket hampers Ramadan 1445 H yang diadakan pada 8 Maret 2024 hingga 8 April 2024 merupakan program rutin yang diadakan oleh RB Rembang setiap menjelang perayaan Idulfitri. 

"Program ini ditujukan untuk mendorong penyerapan produk UMKM, sehingga membantu meningkatkan pendapatan para pegiat UMKM," ujarnya dalam siaran pers, Ahad (21/4/2024). 

Pada program Hampers Berkah UMKM Rembang 2024, RB Rembang melibatkan 110 UMKM di bidang makanan, minuman, fesyen, batik, dan kerajinan tangan. Seluruhnya telah melewati proses kurasi, baik dari sisi kualitas produk hingga kemampuan produksi, sehingga layak untuk ditampilkan dalam bingkisan dan mampu memenuhi permintaan pasar. 

Dibagi dalam tujuh paket dengan harga mulai Rp 105.000 hingga Rp 1 juta per bingkisan, masyarakat dapat memesannya langsung di Galeri RB Rembang atau secara daring melalui Whatsapp dan e-commerce RB Rembang.

”Alhamdulillah, program Hampers Berkah UMKM Rembang selalu mendapat sambutan positif dari masyarakat sebagaimana terlihat dari jumlah pesanan dan nilai transaksi yang terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Ini menjadi motivasi bagi SIG untuk menciptakan program-program lain yang lebih kreatif dan inovatif untuk mendongkrak penjualan produk UMKM ” tambah Vita. 

 

Lebih lanjut, Vita Mahreyni menyampaikan bahwa program Hampers Berkah UMKM Rembang yang dimulai pada 2021 awalnya dimaksudkan untuk mendukung penjualan produk UMKM yang lesu akibat pandemi Covid-19. 

Saat itu, RB Rembang berhasil menjual 1.003 paket bingkisan dengan nilai transaksi sebesar Rp428 juta. Sementara pada 2022, penjualan bingkisan meningkat menjadi 2.529 paket, khususnya pada jenis paket dengan harga yang terjangkau. Melihat keberhasilan program Hampers Berkah UMKM Rembang dalam mendukung peningkatan penjualan produk UMKM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang pun bersinergi menyukseskan program PT Semen Gresik tersebut, yang dimulai pada 2023 dan berlanjut hingga 2024. 

"SIG bangga dapat bersinergi dengan Pemkab Rembang dalam memajukan UMKM lokal. Seperti namanya, semoga program Hampers Berkah UMKM Rembang ini membawa berkah bagi kemajuan UMKM di Rembang sekaligus menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi daerah,” terang Vita. 

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengapreasi inisiasi dan kontribusi PT Semen Gresik dalam mendukung eksistensi dan pertumbuhan UMKM dengan melakukan penjualan bingkisan produk UMKM lokal melalui RB Rembang.  Dalam peluncuran tersebut pada 8 Maret 2024, Abdul Hafidz menargetkan penjualan bingkisan mencapai Rp 500 juta. Namun, berkat komitmen banyak pihak, akhirnya penjualan berhasil melampaui target. 

"Alhamdulillah atas kerja sama semua pihak, terutama tim RB dan Bid UKM Dindagkopukm, dan pelaku UMKM binaan, cut-off hari senin 8 april 2024 telah berhasil mencapai penjualan bingkisan produk-produk UMKM sebesar lebih dari Rp 565 juta,” kata Abdul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement