Jumat 12 Apr 2024 16:39 WIB

HUT ke-63 Bank DKI, PJ Gubernur: Terus Inovasi Bangun Ekosistem Digital  

Bank DKI memiliki peran penting dalam kemajuan kota Jakarta.

Rep: Bayu Adji P / Red: Gita Amanda
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ikut memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada Kamis (11/4/2024).
Foto: dok Bank DKI
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ikut memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada Kamis (11/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ikut memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada Kamis (11/4/2024). Dalam kesempatan itu, Heru ingin Bank DKI dapat terus menjadi mitra dalam mendukung program kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

Menurut dia, Bank DKI memiliki peran penting dalam kemajuan Kota Jakarta. Keberadaan Bank DKI juga memberikan pelayanan perbankan yang prima kepada segenap pemangku kepentingan. “Besar harapan tersemat, Bank DKI dapat berinovasi membangun ekosistem bisnis digital yang memberdayakan nasabah, dan dunia usaha termasuk pengembangan UMKM di Jakarta, serta mendukung terwujudnya Jakarta Kota Global,” kata Heru melalui siaran pers.

Baca Juga

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, pihaknya berkomitmen Bank DKI untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Jakarta yang berkelanjutan. Bank DKI juga akan terus bersinergi dengan seluruh BUMD Jakarta.

"Selama 63 tahun perjalanannya, Bank DKI terus menjalankan peran sebagai mitra strategis dalam mengsinergikan potensi bisnis baik yang melibatkan program-program Pemprov DKI, proyek BUMD Jakarta, dan instansi lainnya melalui kerja sama bisnis yang saling menguntungkan, yang keseluruhannya merupakan bagian dari rantai besar bisnis Kota DKI Jakarta,” kata Amirul, yang juga menjabat Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI. 

Ia menjelaskan, Bank DKI terus berupaya untuk melakukan elektronifikasi pengelolaan anggaran satuan kerja perangkat paerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta melalui layanan cash management system (CMS) Bank DKI. Dengan menggunakan CMS Bank DKI, SKPD Pemprov DKI Jakarta dengan mudah dapat memantau aktivitas transaksi penerimaan dan pengeluaran anggaran secara real time dan lebih akurat.  

Amirul menambahkan, CMS Bank DKI juga dapat digunakan untuk melakukan transfer Bank DKI, transfer antar bank, pembayaran gaji, transfer, dan pembayaran berjadwal. Tak hanya itu, CMS juga dapat membantu liquidity management serta konsolidasi rekening perusahaan.

Amirul mengatakan, dukungan Bank DKI juga diwujudkan melalui partisipasi dalam pemberian kredit dan pembiayaan bagi berbagai proyek pembangunan di DKI Jakarta. Adapun dukungan bagi UMKM yang ada di DKI Jakarta sebagai tulang punggung perekonomian daerah, di antaranya sebagai salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta penyediaan produk kredit dan pembiayaan dengan skema yang efisien bagi UMKM binaan Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta. 

Menurut dia, Bank DKI pun terus mendorong optimalisasi pelayanan publik melalui berbagai sinergi dalam rangka memberikan peningkatan layanan perbankan berbasis digital, termasuk di antaranya mendukung less cash society. "Berbagai bentuk sinergi dengan BUMD DKI Jakarta, berbagai lembaga negara maupun privat, jaringan kerja sama penyedia jasa, hingga optimalisasi layanan dengan berbagai pihak, menjadi agenda yang terus dilakukan oleh Bank DKI," kata dia.

Bank DKI juga disebut melakukan digitalisasi pembayaran tiket transportasi terintegrasi di Jakarta dan sejumlah tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta. Digitalisasi bahkan dilakukan di sejumlah pasar kelolaan PD Pasar Jaya. 

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan bahwa ulang tahun ke-63 ini menjadi momentum untuk menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan, mitra kerja, dan stakeholder yang telah mendukung perjalanan panjang Bank DKI.

“Bank DKI berkomitmen untuk terus memberikan layanan keuangan yang inklusif dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi Kota Jakarta dan seluruh warganya. Hal ini sejalan dengan Visi Bank DKI, yakni Menjadi Bank Pilihan untuk Jakarta yang Maju dan Sejahtera,” kata Arie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement