Selasa 09 Apr 2024 15:11 WIB

Garap Pasar Asia Lebih Serius, Toyota dan Daihatsu Jadi Toyota Motor Asia 

Toyota berjanji memberikan layanan yang lebih inovatif.

Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) dan Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing (TDEM) mengumumkan perubahan nama perusahaan menjadi Toyota Motor Asia.
Foto: Toyota
Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) dan Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing (TDEM) mengumumkan perubahan nama perusahaan menjadi Toyota Motor Asia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) dan Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing (TDEM) mengumumkan perubahan nama perusahaan menjadi Toyota Motor Asia. Perubahan nama ini sebagai langkah lebih lanjut untuk mengintegrasikan solusi dan menghadirkan Mobilitas untuk Semua

Bagi Toyota Motor Corporation (TMC) dalam siaran persnya, Selasa (9/4/2024), langkah ini merupakan niat perusahaan raksasa otomotif Jepang untuk mengubah peran dan tanggung jawab TMC dan Daihatsu Motor Corporation (DMC) untuk bisnis mobil kecil di pasar negara berkembang.

Baca Juga

Seiring dengan perubahan ini, TMC juga mengumumkan arahan untuk mengganti nama TMAP (berbasis di Singapura) dan TDEM (berbasis di Thailand), dua kantor pusat regional TMC di Asia, menjadi Toyota Motor Asia

CEO Operasi Toyota TMC untuk Asia Masahiko Maeda, menyampaikan harapannya akan sinergi yang lebih besar ini. Penamaan Toyota Motor Asia menurutnya merupakan bukti niat Toyota untuk mengintegrasikan produk dan layanan berkualitas tinggi yang melayani kebutuhan mobilitas nyata seluruh pelanggan kami di Asia, dan bahkan negara-negara berkembang lainnya. 

“Bersama dengan grup perusahaan dan mitra kami, kami akan terus mendorong batas-batas Konsep Mobilitas Toyota namun tetap berpijak pada realitas praktis pasar dan kebutuhan pelanggan kami,” kata Maeda.

Menggaungkan sentimen ini, Hao Quoc Tien, DCEO operasi Toyota Asia dari TMC, menekankan penyelarasan yang lebih baik antara penelitian dan pengembangan, manufaktur, penjualan dan layanan, yang dilambangkan dengan nama Toyota Motor Asia.

Ini merupakan langkah signifikan menuju peningkatan fokus pelanggan nilai sejati di mana dunia berubah dengan cepat. “Karena mobilitas sama dengan peluang bagi para pemangku kepentingan, kami akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi janji merek kami dan ‘Move Your World’,” ucap Tien.

Meskipun badan hukumnya akan tetap independen, perubahan nama ini melambangkan tujuan memberikan solusi teknis dan komersial yang terintegrasi kepada pelanggan di Asia, dengan visi memberikan “Mobilitas untuk Semua”.

Toyota Motor Asia lebih dari sekedar nama. Bagi Toyota ini merupakan janji untuk menghadirkan produk dan layanan yang inovatif dan praktis secara terintegrasi, yang memenuhi kebutuhan mobilitas unik pelanggan. 

Toyota selalu percaya untuk menjadi “Best in Town”, di mana perusahaan menggunakan teknologi canggih yang aman dan berkualitas tinggi untuk memecahkan tantangan mobilitas sehari-hari bagi pelanggan kami dan masyarakat luas, selaras dengan misi perusahaan untuk memungkinkan “Mobilitas untuk Semua ” dan “Netralitas Karbon.” 

Toyota Motor Asia berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut melalui Toyota Mobility Concept, yang menggabungkan tiga konsep yaitu Mobility 1.0- untuk memperluas nilai mobil, Mobility 2.0- untuk memperluas akses mobilitas ke ranah baru dan Mobility 3.0- untuk mengintegrasikan mobilitas dengan sistem sosial. seperti energi atau manajemen lalu lintas.

Toyota Motor Asia akan terus mendukung 16 pasar yaitu Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Timor-Leste, Vietnam. 

Kantor pusat regional juga mendukung pengembangan dan persiapan produksi di pasar lain, termasuk Argentina, Brasil, Afrika Selatan, dan seluruh negara-negara Selatan. Ketika organisasi ini bertransformasi menjadi perusahaan mobilitas, Toyota Motor Asia juga akan bertransformasi terus mengawal operasional Lexus di Asia serta membangun sinergi dan saling belajar antara Toyota dan Daihatsu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement