Jumat 06 Jan 2017 07:30 WIB

Donald Trump Ancam Toyota

Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda berbicara saat peluncuran Prius PHV di arena Tokyo Motor Show 2011.
Foto: AP
Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda berbicara saat peluncuran Prius PHV di arena Tokyo Motor Show 2011.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump mengancam akan mengenakan tarif pajak impor besar kepada produsen otomotif Jepang, Toyota Motor Corporation. Ancaman tersebut disampaikan Trump terkait rencana Toyota untuk membangun pabrik baru di Meksiko.

Melalui akun Twitter-nya, Trump menulis bahwa perusahaan otomotif Jepang tersebut akan dikenai 'pajak perbatasan' sangat besar jika mereka merealisasikan rencananya untuk membangun pabrik pembuatan mobil Corolla di wilayah perbatasan selatan AS dan Meksiko. Sebelumnya, perusahaan mobil As juga mendapat kecaman keras dari Trump terkait rencana mereka untuk membangun pabrik mobil yang lebih murah di luar AS.

Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda mengatakan, perusahaan tidak memiliki rencana untuk membatasi produksi mereka di Meksiko. "Kami akan mempertimbangkan pilihan kami karena kami melihat kebijakan apa yang presiden masuk mengadopsi," katanya, yang berbicara di Jepang pada Kamis (5/1) seperti dikutip BBC News.

Pihak Toyota mengatakan bahwa produksi dan tenaga kerja mereka di AS tidak akan menurun akibat pendirian pabrik baru di Meksiko. Toyota saat ini memiliki sepuluh pabrik manufaktur di AS.

"Toyota berharap untuk bekerja sama dengan Pemerintahan Trump untuk melayani kepentingan terbaik dari konsumen dan industri otomotif," katanya dalam pernyataan resminya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement