Ahad 07 Apr 2024 03:58 WIB

Tol Kartasura-Klaten Dibuka Fungsional, Perjalanan Solo-Yogyakarta Lebih Lancar

Jalan tol tersebut dibuka fungsional untuk ruas Kartasura-Klaten.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kendaraan memanfaatkan Jalur Fungsional Jalan Tol Solo-Jogja di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (16/4/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kendaraan memanfaatkan Jalur Fungsional Jalan Tol Solo-Jogja di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (16/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (6/4/2024). Jalan tol tersebut dibuka fungsional untuk ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2024. 

Basuki mengatakan, untuk Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA ruas Kartasura-Klaten dibuka fungsional untuk mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik. Selain itu juga untuk mempersingkat waktu tempuh. 

Baca Juga

"Masyarakat dari Solo menuju Yogyakarta bisa masuk dari Gate Colomadu/Kartasura baik dari arah Semarang atau dari arah Surabaya dan keluar di Gate Ngawen sepanjang 22,3 kilometer sehingga sudah bisa melewati sekitar 38 traffic light antara Solo-Yogyakarta sehingga diharapkan dapat mengurai kemacetan," kata Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (6/4/2024). 

Jalan Tol Solo/Kartasura-Klaten mulai difungsionalkan mulai 5 April hingga 15 April 2024 pada pukul 06.00-17.00 WIB. Selama fungsional, jalan tol tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan golongan I yaitu roda empat non-bus. 

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan dengan fungsionalnya ruas Solo/Kartasura-Klaten dapat dipangkas hingga 50 persem lebih cepat. “Untuk waktu tempuh melalui jalan nasional Solo/Kartasura-Klaten, kurang lebih sekitar 50-60 menit. Sementara dengan jalan tol fungsional, waktu tempuhnya menjadi sekitar 25-30 menit saja,” ungkap Hedy.

Menurut Dirjen Hedy, ruas tol tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar sehingga memudahkan perjalanan mudik seperti layanan informasi, BBM Mobile Jalan Tol, Patroli Jalan Raya, tenaga medis, kendaraan derek, hingga toilet. Selain itu ruas tol fungsional tersebut masih gratis sehingga masyarakat tidak perlu melakukan pembayaran pada gerbang tol.  

"Diharapkan, perjalanan mudik yang melalui jalan tol fungsional Solo/Kartasura hingga Klaten menjadi semakin nyaman dan singkat waktu tempuhnya,” tutur Hedy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement