Jumat 05 Apr 2024 20:26 WIB

HK Buka Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Gratis untuk Lebaran

Jalan tol ini pangkas waktu tempuh Pekanbaru-Koto Kampar separuhnya.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Fuji Pratiwi
Gerbang tol Bangkinang-Pekanbaru
Foto: Republika/Febrian Fachri
Gerbang tol Bangkinang-Pekanbaru

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan arus mudik dan balik Lebaran 2024, PT Hutama Karya (HK) kembali mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer, mulai Jumat (5/4/2024). 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan HK, Adjib Al Hakim, mengatakan, operasional fungsional untuk Tol Bangkinang–XIII Koto Kampar  hanya berlaku setiap hari, pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB dan tidak dikenakan tarif, mulai 5 April hingga 16 April 2024. 

Baca Juga

"Jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dari Pekanbaru menuju Koto Kampar atau sebaliknya hingga dari semula 3 jam menjadi 1 jam hingga 1 jam 30 menit saja," kata Adjib.

Adjib mengatakan, bahwa jalan tol ini telah dioperasikan secara fungsional pada momen Libur Nataru 2023/2024 kemarin dan telah dilalui sebanyak 12.000 kendaraan. 

Ruas ini merupakan lanjutan dari Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang sudah beroperasi terlebih dahulu sejak Desember 2022 dan telah diterapkan tarif pada 25 Desember 2022 lalu.

"Untuk pengguna jalan tol yang melintas dari arah Pekanbaru maupun sebaliknya tetap dikenakan tarif pada Tol Pekanbaru-Bangkinang. Sehingga kami menghimbau para pemudik untuk mengetahui tarif jalan tol dan mengecek kecukupan saldo kartu Uang Elektronik (UE) sebelum melintas," tutup ujar Adjid. 

Hutama Karya juga menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement