Rabu 27 Mar 2024 23:30 WIB

 BRI Life Dukung Penguatan UMKM dengan Asuransi

BRI Life berupaya melakukan sinergi guna mendorong penguatan UMKM.

Sekitar 55 ribu agen BRILink telah terdaftar dan bisa melayani penjualan produk asuransi AMKKM. (ilustrasi)
Foto: Dok. BRI
Sekitar 55 ribu agen BRILink telah terdaftar dan bisa melayani penjualan produk asuransi AMKKM. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Life berupaya melakukan sinergi guna mendorong penguatan UMKM. Salah satunya, melalui kolaborasi dengan agen BRILink yang melayani pembelian produk asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM) dari BRI Life.

Agen BRILink yang merupakan mitra kerja perluasan layanan Bank BRI ini, dapat melayani transaksi perbankan mulai dari transfer, tarik tunai, setoran pembayaran tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, dan berbagai transaksi lainnya.

Baca Juga

Direktur Pemasaran BRI Life Sutadi menjelaskan lebih dari 740 ribu agen BRILinK tercatat hingga Desember 2023, yang sebagian yaitu sekitar 55 ribu agen BRILink telah terdaftar dan bisa melayani penjualan produk asuransi AMKKM.

“Saat ini, sebagian Agen BRILink telah dapat melayani pembelian AMKKM dari BRI Life. AMKKM ini merupakan asuransi mikro yang memberikan proteksi maksimal terhadap nasabah dari risiko kecelakaan dan meninggal dunia, dengan harga premi terjangkau mulai dari Rp 50 ribu dan berlaku untuk satu tahun," jelas Sutadi dalam keterangan resmi, Rabu (27/3/2024).

Konsep bisnis Agen BRILink adalah bersifat kemitraan, dalam menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat. Oleh karena itu, BRI Life terus memberikan edukasi kepada AgenBRILink untuk dapat melayani transaksi keuangan bagimasyarakat dengan aman dan nyaman.

BRI Life mencatat, pertumbuhan nilai premi baru ekuivalen yang disetahunkan atau Annualized Premium Equivalent (APE) yang dicapai oleh produk asuransi AMKKM pafa 2023 melalui Kanal Alternate tercatat sebesar Rp 743,12 miliar. Sementara, pertumbuhan APE asuransi AMKKM di bulan Januari 2024 adalah sebesar Rp 36,45 miliar, meningkat 39,21 persen pasa Februari yang sebesar Rp 50,75 miliar

“Secara umum pertumbuhan asuransi mikro KKM ini menunjukkan mulai tumbuhnya kesadaran berasuransi pada para pelaku UMKM sehingga dengansendirinya menunjukkan adanya penguatan sektor UMKM," ujarnya.

Menurut Sutadi, BRI Life akan terus mengembangkan pemasaran melalui Agen BRILink, dengan menggunakan media EDC Android sebagai tools pemasaran. “Dengan semua inisiatif yang ada dan pangsa pasar yang sangat luas di induk kami di BRI, kami yakin produk asuransi AMKKM dapat terus bertumbuh ke depan," kata Sutadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement