Kamis 21 Mar 2024 14:11 WIB

Kuatkan Tata Kelola, BUMD Diharapkan tak Jadi Beban Pemda

Dukungan semua pihak sangat diharapkan.

Plh. Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Horas Maurits Panjaitan, saat menjadi Pembicara Kunci di Penghargaan Top BUMD Awards 2024, di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 20/3/2024.
Foto:

Dalam sambutannya di acara puncak Top BUMD Awards 2024 itu, Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2024, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A., yang dikenal luas sebagai pakar otonomi daerah itu,  menjelaskan bahwa selama proses penilaian dan wawancara penjurian berlangsung, ada beberapa temuan menarik yang patut diperhatikan. 

Secara umum, hampir semua BUMD telah banyak yang melakukan inovasi dalam mendukung peningkatan bisnis dan layanan kepada konsumennya. Diantaranya adalah:

Kinerja dan layanan BUMD, terutama peserta TOP BUMD Awards 2024, terus mengalami peningkatan. Ini terbukti banyak BUMD yang naik kelas.Dari sebelumnya berada di level bintang 3, tahun ini sebagian sudah naik ke level bintang 4. Dan tidak sedikit pula yang tahun lalu masih bintang 4, namun sekarang sudah di level bintang 5.

BUMD sektor air minum, tercatat sangat intensif melakukan inovasi untuk mendukung kinerja dan layanan kepada pelanggan, terutama inovasi yang berbasis teknologi digital. Hampir semua Perusahaan Daerah Air Minum, sangat concern dalam hal penggunaan teknologi informasi digital, termasuk pengembangan berbagai aplikasi berbasis website, Android, dan IoS.

BUMD sektor keuangan, terutama BPD, BPR, Jamkrida, tergolong sektor BUMD yang paling baik dalam hal implementasi Tata Kelola Perusahaan atau GCG. Secara umum, BUMD-BUMD di sektor keuangan memiliki kinerja bisnis yang meningkat dibanding tahun sebelumnya, atau minimal mencapai target kinerja di tahun berjalan.

Khusus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yang  dalam hal ini banyak diikuti oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), juga terus melakukan banyak inovasi berbasis teknologi digital dalam memberikan layanan kepada masyarakat di daerah. Keberhasilan transformasi digital RSUD-RSUD di Indonesia, menjadi salah satu yang menonjol di kalangan BUMD dan BLUD di Indonesia. Layanan konsumen berbasis digital di RSUD, layak dicontoh oleh BUMD-BUMD di sektor-sektor lainnya.

BUMD Sektor Infrastruktur, Energi, dan Aneka Usaha, banyak yang melakukan inovasi bisnis, dengan didukung oleh pengembangan SDM dan TI yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement