Rabu 20 Mar 2024 15:32 WIB

GoTo Berhasil Cetak EBITDA Positif, Ini Penyebabnya

Perseroan melaporkan EBITDA grup yang disesuaikan berhasil menembus level positif.

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mengumumkan kinerja keuangan dan operasionalnya untuk kuartal IV 2023 sekaligus tahun buku 2023. Perseroan melaporkan EBITDA grup yang disesuaikan berhasil menembus level positif untuk pertama kalinya yakni sebesar Rp 77 miliar pada kuartal IV 2023. 

GTV grup pada kuartal yang sama juga mampu tumbuh 8 persen dibanding kuartal sebelumnya dan sebesar 1 persen dibanding periode sama tahun lalu. Kemudian, pendapatan bruto kuartal IV 2023 tumbuh 8 persen dibanding kuartal sebelumnya serta mampu tumbuh 3 persen dibanding tahun sebelumnya. Perseroan menyebut, hal ini didukung oleh inovasi produk yang menjangkau segmen pasar yang lebih luas serta pengelolaan beban secara disiplin.

Baca Juga

“GoTo telah meletakkan landasan operasional yang kuat dengan tercapainya EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal IV 2023 dan terjalinnya kemitraan strategis dengan TikTok pada bisnis e-commerce yang akan berdampak luas kepada bisnis-bisnis Financial Technology dan On-Demand Services. Ke depannya, fokus perseroan adalah untuk memperkuat landasan ini agar dapat mendorong pertumbuhan yang lebih cepat dan profitabel,” ujar Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo melalui keterangan resmi perusahaan, Rabu (20/3/2024).

Direktur Keuangan Grup GoTo Jacky Lo menyampaikan, perseroan mencatatkan peningkatan profitabilitas di setiap unit bisnis pada kuartal keempat, dibandingkan tahun sebelumnya. 

Selain itu, unit bisnis On-Demand Services mencatatkan EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal tersebut, sementara itu, unit bisnis Financial Technology terus berekspansi dengan tetap mempertahankan perbaikan EBITDA yang disesuaikan secara year-on-year dan quarter-on-quarter

"Bisnis e-commerce juga mencapai EBITDA yang disesuaikan positif untuk kuartal keempat meski berada di tengah kompetisi ketat. Lebih lanjut, bisnis tersebut akan menguntungkan secara kas untuk perseroan sebagai hasil dari perjanjian dengan TikTok. Perseroan berharap dapat mencapai EBITDA yang disesuaikan impas (breakeven) secara Grup untuk keseluruhan tahun buku 2024, dan secara bersamaan menginvestasikan kembali pendapat yang diperoleh kepada kegiatan bisnis perseroan secara berkelanjutan, seiring upaya menuju pertumbuhan top line.”

Beban insentif secara grup untuk kuartal IV 2023 mengalami penurunan 33 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, di mana penurunan tersebut berkontribusi kepada penurunan sebesar 38 persen untuk keseluruhan tahun 2023. 

Sedangkan biaya kas operasional rutin (cash recurring fixed costs) pada kuartal IV 2023 tercatat menurun sebesar 39 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, serta untuk keseluruhan tahun 2023 menurun sebesar 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga berdampak pada perbaikan pada rugi EBITDA yang disesuaikan sebesar Rp 12,3 triliun.

GoTo mempertahankan posisi kas dan posisi keuangan yang solid dengan kas, setara kas, dan deposito jangka pendek senilai Rp 27,4 triliun atau setara dengan 1,8 miliar dolar AS pada tanggal 31 Desember 2023.

Sehubungan dengan dekonsolidasi Tokopedia yang telah efektif pada tanggal 1 Februari 2024, posisi kas, setara kas, dan deposito jangka pendek GoTo akan menjadi Rp 23,0 triliun atau setara dengan 1,5 miliar dolar AS.

Perbedaan sebesar Rp 4,4 triliun tersebut terutama disebabkan oleh perpindahan dana yang ditampung sementara dalam rekening escrow yang berasal dari transaksi yang melibatkan pengguna Tokopedia. Jumlah tersebut telah dipindahkan kepada Tokopedia sebagai bagian dari dekonsolidasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement