Rabu 20 Mar 2024 00:19 WIB

Setop Kebijakan Suku Bunga Minus, Belanja di Jepang Bakal Lebih Mahal?

Hal ini membuat perubahan bersejarah dari kebijakan moneter Jepang.

Kantor pusat Bank of Japan di Tokyo.
Foto: AP Photo/Shuji Kajiyama
Kantor pusat Bank of Japan di Tokyo.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) mengakhiri delapan tahun kebijakan suku bunga negatifnya pada Selasa (19/3/2024). Hal ini membuat perubahan bersejarah dari kebijakan moneter Jepang yang menggelontorkan stimulus moneter besar-besaran selama beberapa dekade.

Meskipun langkah tersebut merupakan kenaikan suku bunga pertama di Jepang dalam 17 tahun, hal ini masih membuat suku bunga tetap berada di kisaran nol karena pemulihan ekonomi yang rapuh memaksa bank sentral untuk memperlambat kenaikan biaya pinjaman lebih lanjut ungkap sejumlah analis.

Baca Juga

Pergeseran ini menjadikan Jepang bank sentral terakhir yang keluar dari suku bunga negatif dan mengakhiri era di mana para pengambil kebijakan di seluruh dunia berupaya menopang pertumbuhan melalui dana murah dan alat moneter yang tidak konvensional.

“Kami kembali ke kebijakan moneter normal yang menargetkan suku bunga jangka pendek, seperti halnya bank sentral lainnya,” kata Gubernur BOJ Kazuo Ueda pada konferensi pers setelah keputusan tersebut seperti dikutip dari Reuters.

“Jika tren inflasi meningkat sedikit lagi, hal ini dapat menyebabkan kenaikan suku bunga jangka pendek,” kata Ueda, tanpa menjelaskan kemungkinan kecepatan dan waktu kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Sejumlah analis menilai, penghapusan suku bunga negatif khususnya menandakan keyakinan BOJ bahwa Jepang telah keluar dari cengkeraman deflasi. Bank sentral juga mengabaikan pengendalian kurva imbal hasil (YCC), sebuah kebijakan yang diterapkan sejak tahun 2016 yang membatasi suku bunga jangka panjang di kisaran nol, dan menghentikan pembelian aset-aset berisiko.

Namun, BOJ mengatakan pihaknya akan terus membeli obligasi pemerintah dalam jumlah yang sama seperti sebelumnya dan meningkatkan pembelian jika imbal hasil naik dengan cepat, menggarisbawahi fokusnya untuk mencegah lonjakan biaya pinjaman yang merugikan.

Sebagai tanda bahwa kenaikan suku bunga di masa depan akan bersifat moderat, BOJ juga memperkirakan kondisi keuangan yang akomodatif akan dipertahankan untuk saat ini.

Dengan inflasi yang melebihi target BOJ sebesar 2 persen selama lebih dari setahun, banyak pelaku pasar memperkirakan berakhirnya suku bunga negatif di pasar pada bulan Maret atau April. Bank-bank komersial mengumumkan rencana untuk menaikkan suku bunga deposito mereka untuk pertama kalinya sejak tahun 2007. Nomura dan BNP Paribas memperkirakan BOJ akan menaikkan suku bunga lagi sebelum akhir tahun.

“Pada dasarnya kami kini adalah negara normal,” kata Manajer Cabang State Street Tokyo, Bart Wakabayashi.

Kendati demikian, tetap ada risiko. Lonjakan imbal hasil obligasi akan meningkatkan biaya pendanaan utang pemerintah Jepang yang sangat besar, yang berukuran dua kali lipat perekonomiannya, dan merupakan yang terbesar di antara negara-negara maju.

Berakhirnya dana murah juga dapat mengguncang pasar keuangan global karena investor Jepang berpotensi mengalihkan uang mereka kembali ke negara asal mereka.

Gubernur Ueda mengatakan ekspektasi inflasi belum ditetapkan pada angka 2 persen, yang berarti BOJ dapat menaikkan suku bunga lebih lambat dibandingkan yang dilakukan bank sentral lain dalam beberapa tahun terakhir.

“Jika perkiraan harga kami jelas melampaui atau bahkan jika perkiraan median kami tidak berubah, kami melihat adanya peningkatan risiko yang jelas terhadap perkiraan harga, hal ini akan menyebabkan perubahan kebijakan,” kata Ueda.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement