Selasa 19 Mar 2024 22:30 WIB

AP II Siapkan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 di 20 Bandara

Jumlah penumpang diproyeksikan capai 4,36 juta orang atau meningkat 12 persen.

Calon penumpang mengantre untuk melakukan lapor diri (check-in) di terminal keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (22/12/2023). Pengelola bandara mencatat jumlah penumpang yang datang dan berangkat melalui bandara tersebut pada 19-21 Desember 2023 sebanyak 94.787 orang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 713 dan puncak arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan terjadi pada Sabtu (23/12).
Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda
Calon penumpang mengantre untuk melakukan lapor diri (check-in) di terminal keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (22/12/2023). Pengelola bandara mencatat jumlah penumpang yang datang dan berangkat melalui bandara tersebut pada 19-21 Desember 2023 sebanyak 94.787 orang dengan jumlah pergerakan pesawat sebanyak 713 dan puncak arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan terjadi pada Sabtu (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (AP II) menyiapkan rencana operasi di 20 bandara yang dikelola untuk melayani perjalanan pemudik pada masa angkutan Lebaran 2024.

Vice President of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan persiapan sudah dilakukan di seluruh bandara AP II dalam menyambut angkutan Lebaran 2024 yang direncanakan selama 16 hari, yakni mulai 3 April hingga 18 April.

Baca Juga

"Bandara-bandara AP II telah memiliki rencana operasi dalam menyambut angkutan Lebaran 2024. Aspek keamanan, kelancaran, keselamatan dan pelayanan menjadi prioritas kami untuk menghadirkan Mudik Ceria Penuh Makna," kata Cin melalui keterangannya di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Pada masa angkutan Lebaran 2024, jumlah penumpang pesawat secara kumulatif di 20 bandara AP II diproyeksikan mencapai 4,36 juta orang atau meningkat 12 persen dibandingkan dengan realisasi pada masa angkutan Lebaran 2023 sebanyak 3,89 juta orang.

Proyeksi jumlah penumpang pada 2024 ini juga sudah melampaui 9 persen dari angkutan Lebaran 2019 saat belum ada pandemi COVID-19, yaitu 3,99 juta orang.

Sementara itu, khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, pergerakan penumpang pada angkutan Lebaran 2024 diperkirakan mencapai 2,58 juta orang atau naik 7 persen dibandingkan pada 2023.

Lebih lanjut, Cin menuturkan salah satu rencana operasi, yaitu penyesuaian jam operasi di sejumlah bandara.

"Beberapa bandara akan ditambah jam operasinya untuk mengakomodir meningkatnya permintaan penerbangan. Kami akan berkoordinasi dengan maskapai dan regulator terkait penambahan jam operasi ini," ujar Cin.

Selain itu, AP II juga menetapkan standard waktu layanan pada passenger touchpoint atau titik interaksi penumpang di bandara. Misalnya, pada titik security check point (SCP) untuk pemeriksaan barang bawaan dan SCP untuk pemeriksaan penumpang, ditetapkan waktu tunggu kurang dari 7 menit dan waktu proses kurang dari 3 menit.

Ia mengungkapkan pada angkutan Lebaran 2024, seluruh bandara AP II total menyiagakan 9.416 orang personel terdiri atas personel Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), Apron Movement Control (AMC), aviation security, BKO TNI dan Polri, facility care, customer service, digital service, dan lain sebagainya.

Sementara itu, seluruh fasilitas pun dipastikan siap seperti fasilitas sisi udara, di antaranya runway, garbarata, visual docking guidance system (VDGS). Selanjutnya, fasilitas keamanan seperti walkthrough metal detector (WMTD), body scanner, x-ray, dan CCTV.

Kemudian juga fasilitas ARFF, yakni armada kendaraan utama dan kendaraan pendukung untuk keadaan darurat. Cin mengatakan bandara-bandara AP II juga telah melakukan uji stres (stress test) terhadap fasilitas-fasilitas yang ada serta inspeksi keselamatan (ramp check) di terminal penumpang maupun sisi udara.

"Di seluruh terminal penumpang pesawat di bandara juga dioperasikan terminal operation center (TOC) sebagai pusat pengendali terminal. Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, disiapkan Airport Operation Control Center (AOCC) yang dilengkapi peralatan modern sebagai wadah kolaborasi seluruh stakeholder di bandara," ungkapnya.

Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi Land Transport Control Center (LTCC) sebagai pusat pengendali layanan transportasi darat dan juga Airport Infrastructure Control Center (AICC) guna memonitor infrastruktur vital.

AP II saat ini mengelola 20 bandara, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).

Beikutnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement