Sabtu 16 Mar 2024 18:09 WIB

Honda dan Nissan Bekerja Sama Hadirkan Teknologi Mobil Listrik untuk Saingi China

Kerja sama Honda dan Nissan berkaitan dengan produksi komponen dan perangkat lunak.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Chief Executive Nissan Makoto Uchida, kiri, dan Presiden Honda Toshihiro Mibe menghadiri konferensi pers bersama di Tokyo, Jumat, 15 Maret 2024. Nissan dan Honda pada hari Jumat mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dalam mengembangkan kendaraan listrik dan teknologi intelijen otomatis, sektor di mana Jepang produsen mobil telah tertinggal.
Foto:

Profesor ekonomi bisnis di sekolah bisnis Birmingham, David Bailey, berpendapat upaya Honda dan Jepang mengejar ketertinggalan sangat wajar. Mengingat, manuver produsen mobil listrik China juga membuat perusahaan mobil barat waswas. 

"China mampu memproduksi mobil yang menguntungkan dengan harga 25 persen hingga 30 persen lebih rendah. Pemerintah China sangat mendukung ekspor kendaraan listrik dan sebagai hasilnya, Anda akan melihat lebih banyak mobil China beredar di jalanan," ujar Bailey.

Perusahaan Build Your Dreams (BYD) dan Li Auto dari China telah memperoleh pangsa pasar dalam industri yang kompetitif, bersama dengan Tesla milik Elon Musk. Awal tahun ini, BYD bahkan menyalip Tesla sebagai produsen mobil listrik terlaris di dunia.

Meskipun kendaraan listrik sudah menjadi bagian pasar yang mapan, produsen dan pemasok mobil masih berlomba untuk mengembangkan teknologi generasi berikutnya. Itu termasuk baterai solid-state yang disebut-sebut sebagai cara untuk meningkatkan jangkauan kendaraan, serta keselamatan berkendara.

 

Industri ini juga menjadi pusat ketegangan geopolitik, di tengah kekhawatiran mengenai ketergantungan yang berlebihan pada bahan mentah dari China.  Akhir tahun lalu, Northvolt, satu-satunya pembuat baterai listrik lokal terbesar di Eropa, mengatakan telah membuat "terobosan" baterai natrium-ion yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement