Senin 11 Mar 2024 00:10 WIB

Pilot Batik Air Tertidur Saat Terbang, Dua Hal Ini Perlu Ditelusuri

Apakah manajemen istirahat pilot buruk atau manajemen maskapainya yang buruk.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Pesawat Airbus-A330 milik maskapai Batik Air bersiap melanjutkan penerbangannya
Foto:

Sementara kopilot, merupakan warga negara Indonesia yang memiliki Lisensi Pilot Komersial (CPL) yang masih berlaku dan memenuhi syarat sebagai pilot Airbus A320. Kopilot juga memiliki sertifikat medis kelas satu yang sah tanpa batasan.

Pemeriksaan profisiensi kopilot terakhir dilakukan pada 1 November 2023 dan hasilnya memuaskan. Kopilot memiliki total waktu penerbangan 1.664 jam 45 menit. Waktu istirahat kopilot sebelum menjalankan tugas penerbangan pada 25 Januari 2024 adalah 53 jam.

Pada 22 Januari 2023, kopilot memiliki satu jadwal penerbangan dengan total waktu penerbangan satu jam 2 menit. Tugas penerbangan dihentikan pada 18.42 WIB dan kopilot kembali ke rumahnya menggunakan mobil dengan sopir.

Kopilot  tiba di rumah dan tidur sekitar pukul 22.00 WIB. Hanya saja, kopilot diketahui baru memiliki bayi kembar berumur satu bulan. Istrinya merawat bayi-bayi tersebut dan kopilot mendampingi selama di rumah.

Pada 23 Januari 2024, kopilot dijadwalkan libur dan bangun sekitar pukul 08.00 WIB dan melakukan aktivitas pindahan rumah. Setelah pengepakan selesai pada sore hari, kopilot berangkat ke rumah barunya dalam waktu sekitar satu setengah jam.

Pada 24 Januari 2024, kopilot bangun sekitar pukul 08.00 WIB dan sarapan pagi. Sekitar pukul 09.00 WIB, kopilot berangkat menuju rumah lama untuk melanjutkan pemindahan sisa barang ke rumah barunya.

Sekitar pukul 19.00 WIB, kopilot berusaha untuk tidur, tapi harus terbangun beberapa kali untuk membantu istrinya merawat bayi. Kopilot merasa kualitas tidurnya menurun karena beberapa kali terbangun.

Pada 25 Januari 2024 sekitar pukul 00.00 WIB, kopilot bangun dan bersiap menuju bandara. Kopilot menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh perawat yang disediakan oleh perusahaan.

Dalam pemeriksaan tersebut, tekanan darah dan detak jantung PIC normal serta tes alkohol negatif yang kemudian dianggap layak untuk tugas penerbangan. Kopilot kemudian mempersiapkan penerbangan bersama awak lainnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement