Ahad 03 Mar 2024 03:38 WIB

Jika Lolos Jadi Penerima Kartu Prakerja, Kapan Bisa Dapat Insentifnya?

Dikutip dari laman Prakerja.go.id, terdapat dua insentif yang bisa diterima.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Seorang warga mengakses laman situs Prakerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (12/101/2022).
Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
Seorang warga mengakses laman situs Prakerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (12/101/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 63 telah ditutup pada akhir Februari 2024. Berdasarkan pendaftaran Kartu Prakerja tahun lalu, gelombang pelatihan Prakerja dibuka setiap dua pekan sekali.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 64 diperkirakan dibuka pada awal Maret 2024. Jika sudah lolos menjadi penerima Kartu Pekerja maka peserta bisa mendapatkan insentif. Lalu, kapan insentif bisa diterima?

Baca Juga

Dikutip dari laman Prakerja.go.id, terdapat dua insentif yang bisa diterima yaitu insentif biaya mencari kerja dan pengisian survei evaluasi. Jika lolos menjadi Penerima Kartu Prakerja, insentif biaya mencari kerja akan didapatkan setelah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat.

Lalu insentif juga dapat diterima setelah memberikan ulasan atau review dan penilaian terhadap pelatihan di dashboard masing-masing peserta. Jika Penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Dengan begitu tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

Insentif juga dapat diterima setelah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-money di akun situs prakerja.go.id. Nomor rekening bank atau e-money yang didaftarkan telah tervalidasi menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Sementara untuk jenis insentif pengisian survei evaluasi, akan diterima jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survei evaluasi. Pengisian dilakukan di dashboard akun masing-masing pesrta melalui laman prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas program Kartu Prakerja. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement