Senin 26 Feb 2024 14:55 WIB

Sedang Berniat Membeli Mobil Bekas? Ini Tips dan Trik dari Ahlinya

Bagi banyak orang, membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan cerdas.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Memeriksa kondisi mobil bekas. Berikut tips dan trik saat membeli mobil bekas.
Foto: Dok. Web
Memeriksa kondisi mobil bekas. Berikut tips dan trik saat membeli mobil bekas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi banyak orang, membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan cerdas untuk menghemat biaya dan mendapatkan kendaraan yang andal. Namun, prosesnya bisa menjadi rumit dan menakutkan tanpa panduan yang tepat. 

Untuk membantu Anda melakukan pembelian yang cerdas dan sukses, berikut ini adalah panduan utama yang disusun oleh tim ahli mobil, dilansir Flywheel Cars, Senin (26/2/2024).

Baca Juga

1. Tetapkan anggaran

Tentukan berapa banyak yang Anda mampu. Perhitungkan tidak hanya harga pembelian, tetapi juga biaya-biaya berkelanjutan seperti perawatan dan pajak.

2. Penelitian dan seleksi

Identifikasi jenis mobil yang Anda butuhkan. Teliti berbagai merek dan model yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Laporan riwayat kendaraan

Dapatkan VIN (Nomor Identifikasi Kendaraan). Gunakan layanan daring untuk memeriksa riwayat kendaraan. Cari informasi tentang kecelakaan, masalah kepemilikan, dan catatan pemeliharaan.

4. Inspeksi dan test drive

Jadwalkan inspeksi profesional untuk mobil yang Anda pertimbangkan. Lakukan test drive untuk merasakan performa mobil secara langsung. Perhatikan kinerja mobil saat digunakan, termasuk handling, pengereman, dan akselerasi.

5. Negosiasi harga

Siapkan diri untuk bernegosiasi dengan penjual. Gunakan riset Anda untuk mendukung tawaran sesuai nilai pasar. Jangan ragu untuk menawar harga yang sesuai dengan kondisi mobil dan anggaran Anda. Jangan ragu meninggalkan kesepakatan jika tidak memenuhi kriteria Anda.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement