Senin 19 Feb 2024 22:35 WIB

Danamon Catat Portofolio Keuangan Berkelanjutan Tumbuh 24 Persen

Tahun 2023 menjadi awal keterlibatan Danamon dalam Bursa Karbon.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Salah satu gerai Bank Danamon
Foto: dokpri
Salah satu gerai Bank Danamon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon atau Bank) terus melakukan upaya progresif menuju keuangan berkelanjutan. Salah satu caranya adalah dengan berpartisipasi dalam berbagai inisiatif pengembangan ekonomi hijau dan berkelanjutan di Tanah Air.

Direktur Syariah dan Sustainability Finance Danamon Herry Hykmanto  mengatakan, sepanjang tahun 2023, Danamon mencatat pertumbuhan portofolio kredit KKUB (Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan) sebesar 24 persen yoy dan mencapai 22 persen dari total kredit bank. 

Melanjutkan perjalanannya untuk mencapai Net Zero Carbon Emission pada operasionalnya, Danamon telah melakukan berbagai inisiatif dekarbonisasi di tahun 2023 seperti implementasi penggunaan dari Panel Surya, Lampu LED, dan EV Charging Station di Gedung-gedung Danamon, serta peremajaan ekosistem melalui penanaman bakau.

"Tahun 2023 juga menjadi awal keterlibatan Danamon dalam Bursa Karbon sebagai upaya untuk mendukung transisi ke energi terbarukan dan penyeimbangan karbon emisi melalui kepemilikan Karbon Kredit," ujarnya dalam Paparan Kinerja Danamon Tahun 2023 yang digelar secara daring, Senin (19/2/2024).

Dalam hal Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Danamon mendukung pemanfaatan kendaraan listrik bagi komunitas Koperasi dan pemasangan Panel Surya bagi 2 komunitas pendidikan. Selain itu Danamon juga menjalankan literasi dan inklusi keuangan untuk beragam komunitas seperti pelajar dan mahasiswa, guru, pelaku UMKM dan komunitas difabel.

"Untuk mendukung proses pemulihan daerah yang terkena bencana, Danamon juga mengadakan pembangunan fasilitas air dan sanitasi di tiga lokasi bencana," ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam meningkatkan jangkauan dan keterlibatan nasabah, Danamon terus mengembangkan kemampuan teknologi digital dan memperluas kemitraan digital dengan para pemain digital dan fintech di Indonesia, sambil terus membangun ketahanan operasional dan siber.

Pada tahun 2023, Danamon telah meluncurkan 22 fitur terbaru dalam aplikasi D-Bank PRO (digital banking untuk nasabah perorangan) yang menawarkan fleksibilitas dalam pengelolaan rekening dan transaksi, serta memberikan akses yang lebih luas terhadap solusi keuangan, termasuk pinjaman, wealth management, dan valas.

Spesifik untuk digital banking bagi nasabah bisnis, aplikasi Danamon Cash Connect telah dikembangkan lebih lanjut dan menawarkan modul yang lebih komprehensif untuk layanan Cash Management dan Financial Supply Chain. Lebih lanjut pada tahun 2023, Danamon telah mengimplementasikan konsep Next Generation Branch di 53 cabang yang tersebar di 18 kota.

"Pengembangan digital ini mendukung peningkatan jumlah transaksi sebesar 154 persen dan peningkatan nilai transaksi sebesar 18 persen selama tahun 2023," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement