Rabu 07 Feb 2024 18:27 WIB

GIICOMVEC 2024 Targetkan Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekspor Industri Kendaraan Bermotor

Ekspor kendaraan bermotor Indonesia 2023 mencapai 505.134 unit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Acara press conference GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2023).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Acara press conference GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kembali menggelar acara bergengsi, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024. Acara ini dijadwalkan berlangsung pada 7 hingga 10 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Dengan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia. Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi mengatakan penyelenggaraan pameran GIICOMVEC merupakan ajang yang tidak hanya menarik perhatian pasar dalam negeri, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menampilkan informasi positif kepada pasar internasional.

Baca Juga

Tahun 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian yang sangat positif dengan total 505.134 unit, di mana 8,18 persen di antaranya merupakan ekspor kendaraan komersial. Melalui penyelenggaraan pameran GIICOMVEC, GAIKINDO berharap dapat meningkatkan angka ekspor tersebut dan lebih berkontribusi terhadap capaian industri kendaraan bermotor Indonesia.

“Tahun lalu, ekspor kendaraan bermotor Indonesia mencatat capaian sangat positif di 505.134 unit, di mana 8,18 persen nya adalah ekspor kendaraan komersial, kami konsentrasi penuh untuk dapat meningkatkannya,” kata Nangoi dalam acara Press Conference – GIICOMVEC 2024 di Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2023).

 

Nangoi menyebut pertumbuhan ekonomi nasional yang terus meningkat, serta iklim investasi yang semakin kondusif menjadi faktor kunci dalam membangun bisnis. Salah satu aspek vital dalam memperkuat bisnis adalah ketersediaan alat dan sarana transportasi yang efektif. Dengan infrastruktur jalan yang semakin berkembang, terutama dengan hampir 3.000 kilometer ruas jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia, kegiatan usaha dapat berkembang lebih luas, mulai dari industri barang konsumsi, logistik, pariwisata, hingga pertambangan.

Nangoi menambahkan bahwa GIICOMVEC 2024 akan menjadi platform untuk memperkenalkan produk dan teknologi terkini dalam industri kendaraan komersial. Hal ini sesuai dengan kebutuhan infrastruktur jalan dan transportasi massal yang terus ditingkatkan pemerintah. Produk dan teknologi terbaru, mulai dari //light commercial vehicle// hingga //heavy commercial vehicle// akan dihadirkan dalam acara ini untuk mendukung kebutuhan pemerintah dan kegiatan para pelaku usaha di sektor swasta.

Dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekspor dan memperkuat posisi industri kendaraan bermotor Indonesia di pasar global, GIICOMVEC 2024 diharapkan menjadi ajang yang strategis untuk memperluas jaringan bisnis dan menampilkan potensi industri kendaraan bermotor Indonesia kepada pasar internasional. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement