Rabu 31 Jan 2024 15:01 WIB

AEON Mall Gandeng SNN Guna Transisi ke Energi Bersih

PLTS langsung dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik operasional mal.

Untuk kali pertama, AEON Co., Ltd. dan AEON MALL Co., Ltd mengumumkan pembukaan AEON MALL Tanjung Barat pada Kamis, 18 November pekan depan.
Foto: Aeon Co
Untuk kali pertama, AEON Co., Ltd. dan AEON MALL Co., Ltd mengumumkan pembukaan AEON MALL Tanjung Barat pada Kamis, 18 November pekan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- AEON Mall, jaringan pusat perbelanjaan asal Jepang, menggandeng Surya Nippon Nusantara (SNN), perusahaan patungan antara induk perusahaan SUN Energy dan Sojitz Corporation, untuk bertransisi ke energi bersih.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah menerapkan instalasi sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di AEON Mall BSD City.

Baca Juga

"Kehadiran PLTS di ruang publik seperti pusat perbelanjaan turut mempromosikan pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi terbarukan yang terjangkau dan efisien kepada masyarakat secara luas," kata Deputy CEO SUN Energy Dion Jefferson di Jakarta.

Fasilitas PLTS yang diinstal di kawasan AEON Mall BSD City diperkirakan mampu menghasilkan energi listrik sebesar 1.161 MWh setiap tahunnya. PLTS tersebut secara langsung dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik operasional mal, seiring dengan komitmen transisi dan capaian 100 persen bauran energi melalui produksi dan konsumsi energi terbarukan di fasilitas mal yang dikelola oleh AEON.

 

Adapun jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh sistem PLTS setara dengan reduksi emisi karbon sebesar 712 ton. Saat ini, AEON Mall juga telah memulai instalasi sistem PLTS di lokasi AEON kelima di Indonesia, yakni AEON Deltamas yang masih dalam tahap konstruksi.

"Kami sepenuhnya mendukung langkah AEON Mall pada lima lokasi di Indonesia untuk menyediakan fasilitas PLTS sebagai sumber energi terbarukan," ujar Dion.

Sejak diresmikan pada November tahun lalu, entitas SNN telah menargetkan pangsa pasar industri/komersial asal Jepang yang beroperasi di Indonesia. SNN berencana terus mengembangkan bisnis terkait energi terbarukan di Indonesia, termasuk baterai penyimpanan, bisnis terkait kendaraan listrik, layanan efisiensi energi, dan layanan pasokan bahan bakar tanpa emisi seperti hidrogen, ammonia, dan biofuel.

"SNN bertujuan mendukung upaya dekarbonisasi pelanggan dengan menyediakan solusi energi bersih yang komprehensif, seperti AEON yang akan memanfaatkan sistem energi terbarukan di setiap lokasi operasionalnya dalam mewujudkan dekarbonisasi," kata Dion.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement