Rabu 24 Jan 2024 03:07 WIB

Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk Raih Penghargaan Green Awards 2024

PT Bukit Asam Tbk mendapat predikat The Promising

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui salah satu anggotanya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2024. PT Bukit Asam Tbk mendapat predikat The Promising karena berhasil meraih 2 penghargaan, yaitu kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Terbarukan dan Mengembangkan Keanekaragaman Hayati.
Foto: dok MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui salah satu anggotanya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2024. PT Bukit Asam Tbk mendapat predikat The Promising karena berhasil meraih 2 penghargaan, yaitu kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Terbarukan dan Mengembangkan Keanekaragaman Hayati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID melalui salah satu anggotanya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2024. PT Bukit Asam Tbk mendapat predikat The Promising karena berhasil meraih 2 penghargaan, yaitu kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Terbarukan dan Mengembangkan Keanekaragaman Hayati.

“Sebagai bagian Grup MIND ID, apresiasi ini menjadi pemacu PT Bukit Asam Tbk untuk terus membuat terobosan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Penghargaan kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Terbarukan diberikan karena program Peningkatan Produktivitas Lahan melalui Irigasi Berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dijalankan PT Bukit Asam Tbk. Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk memang telah membangun banyak PLTS di berbagai wilayah.

Saat ini, PT Bukit Asam Tbk telah membangun enam PLTS irigasi dengan total kapasitas 192 Kilowatt peak (kWp), yang tersebar di Muara Enim, Lahat, Lampung, dan Sumatera Barat. Berkat PLTS tersebut, petani mampu memperoleh hasil panen lebih banyak hingga 2-3 kali lipat.

 

PLTS irigasi ini dibangun di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim. Adapun lima PLTS irigasi lainnya berada di Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung), Tanjung Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), dan Rejosari Mataram (Lampung Tengah, Lampung).

PLTS ini merupakan satu dari sekian banyak PLTS yang dibangun Grup MIND ID di sepanjang 2023. PT Bukit Asam Tbk juga membangun dua PLTS untuk memangkas emisi karbon, yaitu PLTS Jalan Tol Bali Mandara dan PLTS di Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta.

Berkat PLTS tersebut, MIND ID sukses memangkas emisi 618,5 ton CO2 ekuivalen (tCO2e) di sepanjang Januari-Oktober 2023. Jumlah tersebut setara dengan menanam 847 pohon.

PT Bukit Asam Tbk juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Pengembangan Energi Terbarukan dengan anggota Grup MIND ID lainnya, PT Timah Tbk. Langkah ini dilakukan untuk menjajaki potensi kerja sama pengembangan PLTS di wilayah operasional PT Timah.

Dua anggota MIND ID ini bersinergi untuk upaya-upaya konservasi energi, pengurangan emisi, dan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, PT Bukit Asam Tbk melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI), akan membangun PLTS untuk mendukung kegiatan operasional PT Timah.

Selanjutnya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat telah membiayai pemasangan panel surya untuk penerangan di Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, tempat berdirinya Kampung Wisata Danau Laet. Perusahaan juga membantu pembangunan PLTS di wilayah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Sebanyak 40 lampu di Polindes Desa Sebemban, Kecamatan Tayan Hilir, dan di Rumah Etang Nek Bindang, Kecamatan Toba telah dipasang dalam program elektrifikasi itu. PT Antam Tbk memasang masing-masing satu paket PLTS.

Sementara itu, penghargaan yang diperoleh PT Bukit Asam Tbk untuk kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati diberikan berkat program Upaya Pelestarian Tanaman Endemik Merbau (Intsia Palembanica) Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Melalui program tersebut, PT Bukit Asam Tbk mengelola bibit Intsia Palembanica atas kerja sama perusahaan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hasilnya diserap Perusahaan untuk penanaman di lahan reklamasi. Hingga saat ini, PT Bukit Asam Tbk telah melakukan pelestarian dengan menanam 56.278 batang Intsia Palembanica.

PT Bukit Asam Tbk juga memiliki program lain sebagai upaya pengembangan keanekaragaman hayati. PT Bukit Asam Tbk melakukan konservasi keanekaragaman hayati di wilayah kerja Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan serta Balai Taman Nasional Berbak dan Sembilang.

PT Bukit Asam Tbk berkolaborasi dengan instansi terkait untuk melakukan monitoring populasi dan konservasi habitat burung migran. Perusahaan memulihkan ekosistem melalui kegiatan penanaman mangrove di lahan seluas 300 hektare di Pulau Alanggatang SPTN Wilayah II Palembang.

PT Bukit Asam Tbk juga menjalankan program pemberdayaan masyarakat dengan cara mengajak warga sekitar ikut terlibat dalam aktivitas pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan mangrove. Bukan itu saja, PT Bukit Asam Tbk juga melakukan pemulihan ekosistem melalui penanaman dan rehabilitasi DAS seluas 6.824 hektare pada Kawasan Suaka Margasatwa (SM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Muara Enim dengan melibatkan masyarakat secara aktif.

Sementara itu, anggota Grup MIND ID lainnya juga terus mendukung pelestarian keanekaragaman hayati. PT Freeport Indonesia (PTFI) melaksanakan gerakan #SaPuAir untuk meminimalisir penggunaan plastik di area kerja PTFI.

Melalui kampanye tersebut, PTFI menyediakan 500 stasiun air bersih siap minum atau drinking water station di area operasional kerja PTFI. Tujuannya agar pekerja dapat mengisi air minum dengan botol minum yang dibawanya.

Selain itu, PT Antam Tbk juga melalukan pelestarian keanekaragaman hayati bagi habitat ekosistem dan flora-fauna yang berada di sekitar area operasional perusahaan. Seluruh unit bisnis Antam melakukan pelestarian ini sesuai dengan Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan.

PT Antam Tbk di wilayah UBP Nikel Maluku Utara melakukan restorasi terumbu karang dan lamun, memonitor dan mengevaluasi keanekaragaman hayati secara berkala, dan menjalankan program reklamasi dan revegetasi di area bekas tambang. Selain itu, UBP Nikel Maluku Utara juga membangun tanggul alami untuk menahan air limpasan, melakukan rehabilitasi daerah aliran sungai, dan membuat signboard di titik-titik krusial biota laut.

Sementara itu, dua penghargaan yang didapatkan PT Bukit Asam Tbk diserahkan langsung oleh La Tofi selaku Chairman La Tofi School of Social Responsibility kepada General Manager PT Bukit Asam Tbk Unit Pertambangan Tanjung Enim, Venpri Sagara. Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu (17/1/2024).

Indonesia Green Awards (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas. Program yang diinisiasi sejak 2009 ini diselenggarakan untuk mendorong perusahaan-perusahaan nasional agar lebih menjaga lingkungan dan melakukan pemberdayaan masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement