Jumat 19 Jan 2024 08:40 WIB

Pertamina Jadikan SPBU Sebagai One Stop Service dengan Peningkatan Fasilitas

Pertamina Patra Niaga menjadikan SPBU sebagai one stop service di seluruh Indonesia.

Pertamina Patra Niaga secara bertahap terus membenahi dan meningkatkan sarana serta fasilitas SPBU diseluruh Indonesia.
Foto: Dok. Pertamina
Pertamina Patra Niaga secara bertahap terus membenahi dan meningkatkan sarana serta fasilitas SPBU diseluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai upaya peningkatan kualitas layanan dan menjadikan SPBU sebagai one stop service yang nyaman bagi masyarakat, Pertamina Patra Niaga secara bertahap terus membenahi dan meningkatkan sarana serta fasilitas SPBU diseluruh Indonesia. Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan, upaya ini diwujudkan melalui Program Retail Makeover (RMO) yang saat ini sudah diselesaikan diratusan SPBU di seluruh Indonesia. 

“Program RMO ini menyasar peningkatan standar kebersihan dan kenyamanan untuk toilet, musala, dan totem SPBU yang bersih dan jelas. Ada juga layanan Fast Track bagi pengguna Pertamax Series dan Dex Series. Kami melihat SPBU ini sangat strategis dan sudah menjadi tujuan kami menyiapkan sarfas pendukung di SPBU senyaman mungkin, itulah konsep one stop service yang coba kami standarkan di seluruh Indonesia,” jelas Mars Ega, dalam keterangan tertulis, Jumat (19/1/2024). 

Baca Juga

Di awal Januari, Mars Ega mengatakan, sudah ada 387 SPBU diseluruh Indonesia yang toilet, musala, dan totem SPBU-nya sudah diperbarui standarnya.  38 SPBU berlokasi di Sumatera Bagian Utara, 35 SPBU di Sumatera Bagian Selatan, 145 SPBU di Regional Jawa Bagian Barat, 34 SPBU di Jawa Bagian Tengah dan Yogyakarta, 76 SPBU di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, 30 SPBU di Kalimantan, 22 SPBU di Sulawesi, dan 7 SPBU di Maluku dan Papua. 

Layanan Fast Track sendiri saat ini sudah lebih banyak lagi tersedia di 875 SPBU. Fast Track ini adalah jalur khusus yang kami sediakan di SPBU untuk pelanggan BBM non subsidi baik motor maupun mobil sehingga dapat dilayani lebih cepat, seperti layaknya jalur VIP.

Jalur Fast Track sudah tersedia di 84 SPBU di Sumatera Bagian Utara, 68 SPBU di Sumatera Bagian Selatan, 294 SPBU di Regional Jawa Bagian Barat, 162 SPBU di Jawa Bagian Tengah dan Yogyakarta, 153 SPBU di Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, 46 SPBU di Kalimantan, 55 SPBU di Sulawesi, dan 13 SPBU di Regional Maluku dan Papua.

“Jadi RMO ini adalah sebuah proses standarisasi baru untuk kualitas layanan SPBU terbaik bagi masyarakat yang sudah dimulai pada akhir 2023 lalu. Kami akan terus lanjutkan Program RMO ini, dan harapannya masyarakat akan makin nyaman dan dapat menikmati layanan di SPBU Pertamina,” ujar Mars Ega. 

Nabil, salah satu pengunjung SPBU di Makassar Sulawesi Selatan mengatakan fasilitas toilet dan musala di beberapa SPBU terlihat ada perbaikan, bahkan yang sebelumnya tidak ada musala menjadi disediakan. 

“Jadi makin nyaman buat kami yang dijalan, bisa isi BBM sekaligus beribadah dengan nyaman,” katanya.

Hal senada diutarakan Danil, yang berkunjung di SPBU MT Haryono Jakarta. Menurutnya, peningkatan standar toilet sangat memanjakan konsumen yang berkunjung di SPBU. 

“Selain lengkap fasilitas, toilet di SPBU Pertamina ada perbaikan, bersih, dan gratis. Saya lihat juga cleaning servicenya selalu berjaga untuk membersihkan. Harapannya semua SPBU bisa seperti ini kualitasnya,” kata Danil.

Selain peningkatan layanan, Pertamina Patra Niaga turut memberikan berbagai penawaran promo menarik bagi pengguna produk berkualitasnya. Untuk informasi lebih lanjut atas layanan dan promo ini, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135, sosial media @MyPertamina dan @ptpertaminapatraniaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement