Ahad 24 Dec 2023 00:37 WIB

Mengapa Perawatan Mobil Itu Penting?

Riwayat servis yang lengkap dapat menambah ratusan, bahkan ribuan nilai mobil kita.

Siswa melakukan perawatan kendaraan di bengkel Unit Produksi Jasa dan Teaching Factory SMKN 2 Yogyakarta, Selasa (17/4/2023). Perawatan kendaraan sangat penting dilakukan.
Foto:

Selain itu, melakukan perawatan mobil secara rutin memungkinkan kita memantau kadar cairan. Oli mesin dan cairan pendingin beroperasi dalam sistem tertutup dan pada mobil yang sehat, levelnya tidak perlu terlalu sering diisi ulang. Jika Anda perlu menambahkan oli atau cairan pendingin mesin secara rutin, itu bisa menjadi tanda adanya kebocoran. Menyelesaikan masalah sejak dini dapat membantu mencegah kerusakan dan biaya perbaikan yang besar di kemudian hari.

Menghemat Bahan Bakar

Servis mesin secara teratur membuat mobil berjalan efisien. Penggantian oli dan filter membantu menjaga seluruh komponen tetap beroperasi maksimal. Seiring bertambahnya usia, minyak mulai kehilangan viskositasnya dan terkontaminasi partikel. Hal ini pada gilirannya dapat mempengaruhi penghematan bahan bakar karena mesin harus bekerja lebih keras.

Tekanan ban juga memainkan peran utama dalam penghematan bahan bakar. Ban yang tekanan anginnya kurang dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 2 persen dan meningkatkan keausan ban sebesar 5 persen.

Nilai Mobil

Saat membeli mobil bekas, sebagian besar pembeli mobil mencari riwayat servis yang dipelihara secara rutin pada interval yang disarankan. Jika ada kesenjangan dalam riwayat servis mobil, biasanya hal itu berdampak buruk pada nilainya. Riwayat servis yang lengkap dapat menambah ratusan, bahkan ribuan nilai mobil kita.

sumber : learn-automatic.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement