Ahad 24 Dec 2023 00:37 WIB

Mengapa Perawatan Mobil Itu Penting?

Riwayat servis yang lengkap dapat menambah ratusan, bahkan ribuan nilai mobil kita.

Siswa melakukan perawatan kendaraan di bengkel Unit Produksi Jasa dan Teaching Factory SMKN 2 Yogyakarta, Selasa (17/4/2023). Perawatan kendaraan sangat penting dilakukan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Siswa melakukan perawatan kendaraan di bengkel Unit Produksi Jasa dan Teaching Factory SMKN 2 Yogyakarta, Selasa (17/4/2023). Perawatan kendaraan sangat penting dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID,Merawat mobil merupakan kombinasi antara perawatan yang dapat dilakukan sendiri dari rumah dan perawatan/servis terjadwal yang dilakukan oleh bengkel.

Sangat mudah untuk mengabaikan perawatan mobil dengan alasan karena mahal, menyita waktu, dan untuk membengkel sendiri hal ini bisa menjadi pekerjaan kotor. Sebagian dari kita senang merawat mobil, namun bagi mereka yang menganggapnya sebagai tugas dan sering mengabaikannya.

Baca Juga

Namun kenapa perawatan mobil menjadi penting, berikut alasannya:

Kerusakan Kendaraan

Kerusakan kendaraan adalah sesuatu yang kita semua takuti dan dapat merugikan keselamatan pribadi. Mengikuti servis mesin terjadwal baik oleh diler atau melalui bengkel independen akan menjaga mesin tetap bekerja pada kondisi terbaiknya, sehingga mengurangi potensi kerusakan.

Oli adalah darah mesin dan seiring waktu oli mulai menipis dan terkontaminasi. Hal ini dapat meningkatkan keausan mesin dan menimbulkan masalah lain. Pada setiap servis, bengkel akan mengganti oli dan memeriksa komponen penting kendaraan lainnya seperti rem untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Selain servis terjadwal, merawat mobil sendiri juga penting untuk mencegah kerusakan. Selalu periksa cairan saat mesin dingin dan periksa tekanan ban saat dingin. Untuk mengurangi risiko kerusakan kendaraan:

Periksa oli mesin minimal sebulan sekali dan terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Gunakan oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan.

Saat memeriksa oli, periksa juga level cairan pendingin mesin. Pada tangki coolant terdapat tanda minimum dan maksimum. Jika level cairan pendingin terlalu rendah, ada risiko mesin menjadi terlalu panas dan rusak.

Gunakan cairan pendingin yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Selain itu, periksa tekanan ban setiap bulan. Ban yang tekanan anginnya kurang dapat menyebabkan panas berlebih sehingga meningkatkan risiko ledakan.

Tekanan yang disarankan untuk ban dapat ditemukan di dalam pintu pengemudi atau di dalam tutup pengisi bahan bakar. Periksa ban apakah ada kerusakan seperti terpotong atau menggembung.

Mengurangi Biaya Perbaikan

Mengabaikan perawatan mobil secara rutin dapat menyebabkan masalah kecil berubah menjadi perbaikan yang mahal. Selama servis terjadwal, mekanik akan menemukan masalah kecil apa pun yang mudah diperbaiki pada saat itu, sehingga berpotensi menghemat biaya perbaikan di kemudian hari.

 

Menghemat bahan bakar..........

sumber : learn-automatic.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement