Sabtu 23 Dec 2023 16:02 WIB

Skandal Daihatsu, Jepang Izinkan Daihatsu Indonesia Lanjutkan Pengiriman Mobil

Indonesia menjadi negara pertama yang membebaskan Daihatsu dari skandal keselamatan.

Logo Daihatsu Motors terlihat di showroomnya di Tokyo, Jepang 12 Juni 2017. Daihatsu Motor Corporation  mengatakan pada hari Jumat (22/12/2023) bahwa pihaknya telah melanjutkan pengiriman kendaraan di Indonesia
Foto: REUTERS
Logo Daihatsu Motors terlihat di showroomnya di Tokyo, Jepang 12 Juni 2017. Daihatsu Motor Corporation mengatakan pada hari Jumat (22/12/2023) bahwa pihaknya telah melanjutkan pengiriman kendaraan di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,Daihatsu Motor Corporation  mengatakan pada hari Jumat (22/12/2023) bahwa pihaknya telah melanjutkan pengiriman kendaraan di Indonesia. Hal ini  dua hari setelah produsen mobil Jepang tersebut menghentikan semua pengiriman domestik dan global karena sebagian besar model telah menjalani uji keamanan yang tidak tepat.

“Pihak berwenang Indonesia mengkonfirmasi keamanan mobil Daihatsu, serta yang diproduksi oleh unit lokalnya di bawah merek Toyota Motor Corp dan memberikan lampu hijau untuk dimulainya kembali pengiriman,” kata Daihatsu.

Baca Juga

Indonesia menjadi negara pertama yang membersihkan Daihatsu dari skandal keselamatan. Unit mobil kecil Toyota juga menjual produknya di pasar luar negeri lainnya, termasuk Malaysia, Thailand, dan Uruguay.

Daihatsu mengatakan akan melanjutkan pembicaraan dengan regulator di negara-negara Asia lainnya untuk melanjutkan pengiriman.

Di Jepang, produsen mobil yang berbasis di Osaka diperkirakan akan menghentikan produksi di semua pabrik dalam negeri pada hari Selasa.

Panel pihak ketiga yang dibentuk oleh Daihatsu mengatakan pada hari Rabu (20/12/2023) bahwa jumlah kendaraan yang terkena dampak pengujian yang tidak tepat, yang awalnya muncul pada musim semi, telah bertambah menjadi 64 model, termasuk 11 model yang dijual di Jepang.

sumber : kyodo News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement