Rabu 06 Dec 2023 12:59 WIB

Pelik, Indef Proyeksi Ekonomi Indonesia 2024 Tumbuh tak Sampai Lima Persen

Indef proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 sebesar 4,8 persen.

Rep: Novita Intan/ Red: Lida Puspaningtyas
Pedagang menata dagangannya di grosir sayur pasar Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (23/11/2023).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Pedagang menata dagangannya di grosir sayur pasar Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (23/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memprediksi ekonomi Indonesia tumbuh 4,8 persen. Hal ini disebabkan kinerja ekonomi Indonesia 2024 akan beriringan dengan pelaksanaan pemilihan umum sehingga memengaruhi capaian indikator ekonomi makro yang sudah ditargetkan.

 

Baca Juga

Wakil Direktur Indef Eko Listiyanto mengatakan, kondisi global juga akan memengaruhi terhadap keberlangsungan ekonomi nasional.

 

 

“Ekonomi 2024 tidak setinggi asumsi makro (5,2 persen) karena tantangan pelik,” ujarnya saat acara Proyeksi Ekonomi Indonesia 2024, Rabu (6/12/2023).

 

Menurutnya faktor tekanan daya beli masyarakat bawah, moderatnya laju pertumbuhan kredit ke sektor riil serta berakhirnya windfall harga komoditas mentah global menjadi bagian dari gambatan kinerja ekonomi 2024.

 

“Catatan lainnya kemewahan peningkatan harga komoditas tidak dirasakan lagi, lebih turun dalam lagi karena dampak juga ekonomi global,” katanya.

 

Di samping itu, menurutnya, stimulasi akselerasi dari sisi fiskal juga masih tidak akan maksimal. Hal ini mengingat pola penyerapan anggaran yang selalu menumpuk pada akhir kuartal IV 2023.

 

Kendati demikian, menurutnya, secara empiris capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia 2024 akan tetap positif meskipun akan terjadi perlambatan. Selain dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global pun krisis geopolitik dua peperangan, yakni Rusia Ukraina dan Israel Palestina diprediksi kinerja pertumbuhan ekonomi global akan melambat 2,8 persen pada 2024.

 

“Situasi tensi geopolitik, pasti akan memberikan warna terhadap ekonomi global tahun depan, akan diwarnai situasi geopolitik sehingga sulit memproyeksikan,” katanya.

 

Berikut ini proyeksi ekonomi Indonesia 2024 berdasarkan Indef sebagai berikut:

Pertumbuhan ekonomi 4,8 persen

Nilai tukar Rupaih Rp 15.500

Tingkat inflasi 3,2 persen

Tingkat kemiskinan 9,16 persen

Tingkat pengangguran terbuka 5,01 persen

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement