Senin 04 Dec 2023 18:14 WIB

Peroleh Dana CSR BRI, Showroom UMKM Megulungkidul Bakal Resmi Diluncurkan Tahun Depan

Showroom UMKM nantinya akan digunakan untuk memamerkan dan menjual produk UMKM.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Gita Amanda
Masyarakat Desa Megulungkidul, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah merasakan cukup banyak manfaat dari dana Corporate Social Responsibilty (CSR) yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Foto: BRI
Masyarakat Desa Megulungkidul, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah merasakan cukup banyak manfaat dari dana Corporate Social Responsibilty (CSR) yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOREJO -- Masyarakat Desa Megulungkidul, Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah merasakan cukup banyak manfaat dari dana Corporate Social Responsibilty (CSR) yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Salah satunya adalah untuk pemberdayaan UMKM di Desa Megulungkidul.

Kepala Desa Megulungkidul, Malik Khairul Anam mengatakan, berkat dana tersebut, Desa Megulungkidul kini akan segera memiliki showroom UMKM. Showroom UMKM tersebut nantinya akan digunakan untuk memamerkan dan menjual produk UMKM masyarakat Desa Megulungkidul. 

Baca Juga

"Insyaaallah Februari (2024) itu sudah launching new Dusun Sabin, artinya Dusun Sabin dengan wajah baru. Itu lokasi dana dari CSR BRI," kata Malik saat ditemui, Jumat (1/12/2023).

Cita-cita untuk mengembangkan Bumdes di Dusun Sabin telah dicita-citakan masyarakat sejak 2019. Masyarakat kemudian menyulap sawah yang tak lagi produktif menjadi tempat pemberdayaan UMKM masyarakat Desa Megulungkidul. 

 

"Rencananya nanti Dusun Sabin ini menjadi sentra perekonomian masyarakat desa dan juga harapan kami itu juga untuk masyarakat Kecamatan Pituruh," ucapnya.  

Untuk diketahui Desa Megulungkidul menjadi juara 3 nasional pada Nugraha Karya Desa Brilian pada tahun 2022. Desa Brilian merupakan program dari BRI yang pesertanya terdiri dari 2.100 desa di seluruh Indonesia dan dibagi menjadi tiga batch. Desa Megulungkidul menjadi Juara 1 di batch ketiga.

Selain meraih hadiah sebesar Rp 50 juta, Desa Megulungkidul juga memperoleh dana CSR sebesar satu miliar rupiah. Selain memberi manfaat bagi UMKM, BRI juga memberi manfaat kepada masyarakat Megulungkidul. Salah satunya adalah dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat dan beasiswa bagi anak-anak berprestasi di Megulungkidul.

"Yang jelas hadirnya BRI itu sangat memberi perubahan siginifikan, contoh ya, klaster UMKM ini juga mendapat perhatian khusus dari BRI, entah berupa alokasi dana, entah berupa Kredit Usaha Rakyat atau produk-produk BRI lainnya itu yang jelas prioritas, karena itu Desa Brilian. Terus juga dari BRI beasiswa Rp 100 juta untuk 20 siswa-siswi berprestasi, masing-masing mendapat beasiswa Rp 5 juta. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement