Jumat 17 Nov 2023 10:15 WIB

Tiket Kapal Pelni untuk Libur Nataru Sudah Bisa Dibeli

Pelni mengimbau calon penumpang merencanakan perjalanan dengan baik.

Sejumlah calon penumpang kapal mengantre untuk membeli tiket Kapal Pelni di kantor Pelni Cabang Kupang, NTT, Selasa (26/4/2022).
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Sejumlah calon penumpang kapal mengantre untuk membeli tiket Kapal Pelni di kantor Pelni Cabang Kupang, NTT, Selasa (26/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memastikan tiket kapal untuk periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 sudah bisa dibeli melalui Pelni Mobile Apps maupun saluran penjualan tiket lainnya mulai hari ini (Jumat, 17/11/2023). Untuk menghindari kehabisan tiket, Pelni mengimbau calon penumpang dapat merencanakan perjalanannya dengan baik.

"Dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan, tiket kapal Pelni untuk seluruh tujuan se-Indonesia sudah bisa diakses melalui Pelni Mobile Apps. Tidak perlu repot-repot lagi, cukup dari rumah atau kantor sudah bisa memesan tiket," kata Evan dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga

Evan Pelni mempersiapkan 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis dengan total kapasitas 51.296 kursi. Pelni menetapkan periode Nataru dimulai pada 11 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024 dengan puncak perjalanan diprediksi terjadi pada 22 Desember 2023 dan puncak kepulangan pada 4 Januari 2024.

Pelni memproyeksikan ada beberapa rute yang akanbterjadi kepada penumpabg pada libur Nataru. Terdapat sepuluh ruas terpadat pada Nataru antara lain Batam - Belawan, Belawan - Batam, Bau Bau - Makassar, Makassar - Bau Bau, Makassar - Surabaya, Batam - Tanjung Priok, Surabaya - Makassar, Jayapura - Biak, Balikpapan - Pare Pare, dan Sorong - Ambon.

 

"Khusus untuk calon penumpang yang berangkat dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar kami mengingatkan kembali hanya bisa memperoleh tiket secara online melalui Pelni Mobile Apps maupun website yang sudah berlaku per 1 November kemarin. Sementara untuk kota lain masih dapat membeli tiket di loket kantor cabang PELNI meski kami mendorong untuk pembelian secara online," jelas Evan.

Meski tidak dapat lagi membeli langsung, Evan memastikan loket di kantor cabang Pelni di Jakarta, Surabaya, dan Makassar tetap melayani pelanggan. Khususnya untuk kebutuhan pengembalian dana atau refund, pertanyaan seputar rute dan jadwal kapal hingga keberangkatan rombongan.

Evan menyampaikan, manajemen menargetkan penutupan layanan pembelian tiket melalui loket akan diperluas ke cabang lainnya pada 2024. "Untuk kota selanjutnya akan ditentukan setelah evaluasi kebijakan penutupan loket di tiga kota tadi. Kami tentu berharap transisi ini dapat berjalan dengan mulus dan dapat diterima dengan bagi oleh seluruh pelanggan kami," ungkal Evan.

Evan mengimbau kepada calon penumpang yang melakukan pemesanan tiket untuk memasukan identitas diri sesuai dengan data penumpang yang akan berangkat. Dengan transformasi bisnis dan digital yang dilakukan Pelni, proses embarkasi penumpang di pelabuhan dilakukan lebih tertib dengan memastikan kecocokan identitas penumpang. 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement