Selasa 14 Nov 2023 23:46 WIB

Pelni Siapkan 11 Kapal Layani Angkutan Natal dan Tahun Baru di Baubau

Saat ini ada 11 kapal yang menyinggahi pelabuhan Murhum Baubau.

Sejumlah penumpang turun dari kapal (ilustrasi)
Foto: Antara/Teguh Prihatna
Sejumlah penumpang turun dari kapal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BAUBAU -- PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) menyiapkan sebanyak 11 kapal untuk melayani angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dari dan ke pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Dicky Dermawandi, di Baubau, Selasa, mengatakan, ke-11 kapal tersebut yakni KM Leuser, KM Sirimau, KM Tidar, KM Ciremai, KM Sinabung, KM Ngapulu, KM Dorolonda, KM Labobar, KM Dobonsolo, KM Tilongkabila, dan KM Lambelu.

Baca Juga

"Untuk persiapan Natal dan Tahun Baru, PT Pelni sudah menyiapkan kapal yang memang ada sekarang berjalan yakni sebanyak 11 kapal yang menyinggahi pelabuhan Murhum Baubau," ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya armada KM Tidar yang menjalani perawatan rutin atau docking tahunan sudah kembali beroperasi pada 12 November 2023

 

"KM Tidar dengan tampilan yang baru, karena seperti diketahui PT Pelni sekarang sudah mengubah logo sebagai simbol bahwa perusahaan melakukan transformasi secara menyeluruh yang berlandaskan AKHLAK," katanya.

Dikatakan Dicky, meski berdasarkan evaluasi tahun-tahun sebelumnya, lonjakan mobilisasi masyarakat dari dan ke Baubau pada angkutan Nataru tidak sebanyak musim ramai Lebaran Idul Fitri, namun pihaknya tetap melakukan persiapan mulai dari kesiapan armada kapal, penjualan tiket hingga urusan keamanan dan kenyamanan yang menjadi prioritas utama.

"Kami tetap menyiapkan segala sesuatunya mulai dari penjualan tiket termasuk juga koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan pelabuhan untuk pelayanan di pelabuhan maupun di atas kapal agar masyarakat bisa aman dan nyaman bepergian khususnya pada musim ramai Nataru tahun ini," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang akan bepergian dengan moda transportasi kapal Pelni agar bisa membeli tiket jauh-jauh hari, karena untuk penjualan tiket Pelni sudah membuka dari satu bulan sebelum waktu keberangkatan.

"Kami mengimbau masyarakat agar membeli tiket di chanel-chanel resmi penjualan PT Pelni khususnya melalui aplikasi Mobile Pelni yang bisa diunduh di playstore maupun apstore, sehingga masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan tiket karena bisa membeli dari rumah dan membayar langsung melalui transfer secara digital," ujarnya.

Selain menyinggahi pelabuhan Murhum Baubau, kata dia pula, terdapat tiga armada Pelni yakni KM Tilongkabila, KM Jetliner dan KM Sirimau juga menyinggahi beberapa pelabuhan di wilayah Sultra lainnya seperti pelabuhan Raha (Muna), pelabuhan Wanci (Wakatobi), dan pelabuhan Kendari.

Pascapandemi Covid-19, Pelni cabang Baubau memperkirakan akan terjadi peningkatan penumpang pada angkutan Nataru tahun ini kurang lebih 15 hingga 20 persen.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement