Jumat 27 Oct 2023 16:23 WIB

Empat Tahun Berdiri, Aplikasi Pluang Kantongi 10 Juta Nasabah

Pluang membantu sebanyak 56 juta transaksi trading aset dilakukan 10 juta nasabah

Pluang
Foto: pluang.com
Pluang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pluang, aplikasi investasi multi-aset ini dalam Impact Report pertama yang diterbitkan mengungkapkan bila perusahaan dalam empat tahun terakhir ini berhasil menggaet sebanyak 10 juta nasabah di Indonesia, dengan 33 persen di antaranya tinggal di luar Jawa dan Bali. 

Dalam laporan tersebut juga dipaparkan bila Pluang membantu sebanyak 56 juta transaksi trading aset yang dilakukan oleh 10 juta nasabah.

Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengatakan selama empat tahun Pluang melayani masyarakat untuk mencapai impian mereka melalui berinvestasi sekaligus trading dan mengelola keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan. 

“Dalam empat tahun terakhir, kami telah menunjukkan komitmen kami dan dipercaya untuk mendampingi para pengguna Pluang melalui berbagai tantangan di pasar dan ekonomi,” ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (27/10/2023).

 

Sejak 2019, lanjut Claudia, Pluang telah berkontribusi terhadap pengembangan wealth generation dan literasi keuangan di Indonesia. Hal ini didorong oleh misi utama perusahaan, yaitu mendemokratisasi keuangan bagi seluruh orang yang sejalan dengan visi pemerintah menuju Indonesia Emas 2045 dengan mengedepankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, dan teknologi. 

“Pluang berkontribusi dalam penggunaan teknologi yang tepat guna untuk memberikan dampak positif terhadap jutaan masyarakat Indonesia, seperti yang terlihat dalam Impact Report pertama yang diterbitkan Pluang,” ucapnya,

Lebih lanjut, laporan tersebut menunjukkan Pluang telah membantu penggunanya mendapatkan dana darurat (53 persen), menyiapkan dana pensiun (65 persen), dan memulai bisnis pertama mereka (28 persen). Pengguna telah melihat peningkatan dalam cara mereka mengelola keuangan keluarga, dengan 30 persen dari mereka menyiapkan dana khusus pendidikan anak-anak mereka dan 24 persen berencana membeli properti pertama mereka.

Kemampuan Pluang dalam memperluas jangkauannya tidak terlepas dari kemitraan strategisnya dengan marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia. 

Sementara itu SVP Fintech and Payments Tokopedia Vira Widiyasari menambahkan sebagai salah satu mitra strategis, Tokopedia membantu Pluang memperluas basis pelanggannya melalui Tokopedia Keuangan yang memungkinkan pengguna Tokopedia berinvestasi emas digital mulai dari Rp 5.000.

“Kehadiran produk emas Tokopedia yang didukung Pluang sejalan dengan komitmen perusahaan dalam membantu membentuk budaya berinvestasi bagi masyarakat dengan menyediakan cara berinvestasi online yang aman, mudah, dan terjangkau,” ucapnya,

Sebagai platform keuangan digital, Pluang meyakini kepercayaan publik yang kuat merupakan salah satu elemen paling penting dalam berbisnis. Sebab itu, perusahaan berkomitmen untuk memastikan keamanan dan kepercayaan penggunanya. 

Pluang berkolaborasi dengan beberapa mitra perusahaan yang diatur dan diawasi ketat oleh para regulator terkait, serta memperkuat kerjasamanya dengan ekosistem industri, seperti Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (ICDX), Bursa Berjangka Jakarta (JFX), dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement