Kamis 19 Oct 2023 08:06 WIB

Laba Satu Mobil BYD Rp 22,5 Juta 

Laba bersih BYD kuartal ketiga naik 100 persen dibandingkan kuartal ketiga 2022.

Jurnalis dan masyarakat umum melihat SUV listrik Atto 3 buatan produsen mobil China BYD, di pameran dagang kendaraan listrik Fully Charged Live di Farnborough, Inggris, 28 April 2023.
Foto: Reuters
Jurnalis dan masyarakat umum melihat SUV listrik Atto 3 buatan produsen mobil China BYD, di pameran dagang kendaraan listrik Fully Charged Live di Farnborough, Inggris, 28 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID--BYD, perusahaan raksasa otomotif China, merilis data awal pendapatan mereka di kuartal 2023, Rabu (18/10/2023)  yang naik signifikan. Analis memperkirakan  laba rata-rata per kendaraan BYD pun ikut naik.

Setelah dikurangi kontribusi dari BYD Electronic, rata-rata laba per mobil BYD adalah sekitar RMB 10.500 (1.440 dolar AS) pada kuartal ketiga atau sekitar Rp 22.464.000 per kendaraan dengan kurs Rp 15.600 per dolar AS.

Baca Juga

Tim analis Essence Securities, Xu Huixiong mencatat terjadi peningkatan sekitar RMB 2.700 dari kuartal kedua.  “Ini merupakan kinerja luar biasa, terutama didorong oleh keunggulan skala BYD yang besar,” katanya.

Menurut tim analis tersebut BYD menjual 822.000 mobil penumpang pada kuartal ketiga 2023, meningkat sebesar 17,4 persen dibandingkan kuartal kedua, sehingga menyebabkan penurunan signifikan pada rata-rata penyusutan dan amortisasi per kendaraan, kata tim tersebut.

“Dengan efek skala ini, BYD memiliki daya tawar yang lebih kuat terhadap perusahaan-perusahaan hulu dan hilir, sehingga meningkatkan pendapatan secara berkelanjutan,” kata tim tersebut.

Sementara itu, rasio pengeluaran BYD diperkirakan akan mengalami penurunan pada kuartal ketiga seiring dengan pertumbuhan skala penjualan dan penguatan kemampuan pengendalian biaya.

“Selain itu, harga rata-rata litium karbonat tingkat baterai turun 5,5 persen menjadi RMB 241.000 per ton pada kuartal ketiga dibandingkan kuartal kedua, yang juga membantu penurunan harga kendaraan hingga batas tertentu,” kata tim tersebut.

BYD memperkirakan laba bersih kuartal ketiga akan mencapai RMB 9,55 miliar hingga RMB 11,55 miliar, naik 67 persen menjadi 101,99 persen tahun-ke-tahun, dan naik 39,89 persen menjadi 69,2 persen dari kuartal kedua, menurut pratinjau pendapatan yang dirilis kemarin.

Setelah mengalami keuntungan dan kerugian yang tidak berulang, BYD memperkirakan laba bersih kuartal ketiga sebesar RMB 8,61 miliar hingga RMB 10,51 miliar, mewakili pertumbuhan tahun ke tahun sebesar 61,29 persen hingga 96,9 persen.

Menurut Essence Securities, seiring dengan meningkatnya tingkat penetrasi kendaraan energi baru (NEV) Tiongkok dan semakin ketatnya persaingan, beberapa produsen mobil lapis kedua dan ketiga dengan produk yang lebih lemah diperkirakan akan segera keluar dari pasar, dan konsentrasi industri diperkirakan akan terus meningkat. .

BYD memiliki kemampuan pengendalian biaya yang kuat melalui integrasi vertikal rantai industri, kata tim tersebut, seraya menambahkan bahwa perusahaan juga memperoleh daya tawar yang lebih kuat terhadap perusahaan hulu dan hilir dengan mengandalkan efek skala.

“Seiring dengan membaiknya lanskap persaingan, keunggulan BYD diharapkan menjadi lebih menonjol, dan profitabilitas diharapkan meningkat,” kata tim tersebut.

sumber : cnevpost.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement